Medan Pendidikan

3.080 Peserta Lulus Jalur SBMPTN di USU 

mediasumutku.com lMEDAN –Universitas Sumatera Utara (USU) menerima 3.080 mahasiswa baru  yang telah lulus melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Jumlah tersebut merupakan total dari 41.907 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia yang memilih USU.
Dengan jumlah tersebut, USU masuk dalam klasifikasi 10 besar jumlah peminat SBMPTN 2020 terbanyak di Indonesia, persisnya di peringkat ke 9. Peringkat tesebut naik satu peringkat lebih tinggi dibanding tahun lalu. Dimana, USU berada pada posisi 10 nasional.
Hal tersebut disampaikan Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, melalui Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU, Elvi Sumanti, ST, M Hum dalam rilis yang disampaikan di Whatsapp Group, Jum’at (14/8/2020).
Elvi mengatakan, untuk  program studi (prodi) favorit yang tinggi peminatnya pada tahun ini diantaranya, prodi Pendidikan Dokter sebanyak 1.970 orang, prodi Farmasi 1.828 orang, Ilmu Kesehatan Masyarakat 1.796 orang pada kategori saintek (IPA). Kemudian, prodi Ilmu Hukum sebanyak 2.949 orang, prodi Manajemen 2.555 orang dan prodi Akuntansi sebanyak 1.822 orang peminat pada kategori Soshum (IPS).
Bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus lanjut Elvi, selanjutnya dapat melakukan tahapan pengisian data UKT (Uang Kuliah Tunggal). Dimana, pengisiannya dapat dilakukan secara online melalui laman http://uktdatareg.usu.ac.id yang dibuka mulai tanggal 18 Agustus hingga 25 Agustus 2020.
“Setelah itu, dilanjutkan dengan pembayaran UKT pada 2-9 September 2020. Tatacara pengisian dan pembayaran UKT ini dapat dilihat pada laman www.usu.ac.id,”sebut Elvi.
USU Buka Jalur Mandiri dan D III
Prof Runtung Sitepu melalui Kahumas mengimbau, kepada masyarakat yang anaknya tidak lulus di SBMPTN untuk dapat mendaftarkan anaknya melalui jalur Seleksi Program Mandiri USU dan  Program Diploma (D III) USU.
Pendaftarannya dilakukan secara online dan sudah dibuka sejak 8 Juli hingga 26 Agustus 2020 melalui laman https://seleksi.usu.ac.id. Untuk pendaftaran, calon peserta ujian dikenakan  biaya pendaftaran sebesar Rp 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah) untuk Jalur Mandiri-D3 dan Rp. 300.000., (tiga ratus ribu rupiah) untuk jalur D3 yang dapat dibayarkan melalui Bank BNI.
Ujian Tulis Mandiri dan D3 ini lanjut Elvi,  akan dilaksanakan pada 31 Agustus hingga 5 September 2020 mendatang. Rencananya, lokasi ujian berada di lingkungan Kampus USU Medan.
Hasil dari ujian Mandiri ini sendiri akan diumumkan pada tanggal 11 September 2020 mendatang.
“Hasilnya juga yang bisa dilihat melalui laman https://seleksi.usu.ac.id dan https://usu.ac.id . Sementara hasil dari ujian tulis SPMPD akan diumumkan pada tanggal 15 September 2020 dan bisa dilihat melalui laman yang sama dengan pengumuman seleksi Mandiri,”ucapnya. (MS7)