Berita Sumut Headline Sumut

Abang Betor Sampaikan ‘Kalimat Ini’ kepada Bupati dan Wakil Bupati

SERGAI– Setelah sekian lama jalan tidak pernah tersentuh pembangunan, akhirnya Masyarakat Desa Cinta Air Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai terlihat merasa tenang dan bahagia ketika jalan menuju ke desa mereka sudah terbangun.

Hal itu lah yang dirasakan oleh warga Desa Cinta Air ketika Wakil Bupati Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan saat melakukan memotong pita untuk meresmikan jalan tersebut.

Sarwani (53), warga desa Dusun I Desa Cinta Air yang juga berprofesi sebagai tukang becak mengatakan jalan di desa mereka rusak sudah hampir 15 tahun. Bahkan dari periode pejabat-pejabat sebelumnya.

Ia menjelaskan masyarakat sangat senang sekali karena akses jalan menjadi mudah dan lancar. Jalan tidak berlubang dan berlumpur lagi.

“ Setelah jalan ini dibangun, membawa bahan baku pun lancar. Pokoknya udah enak dan senang lah masyarakat, terimakasih pak Bupati dan Wakil Bupati,” ujar Sarwani usai sempat membawa wakil bupati Adlin Tambunan naik becak meninjau jalan yang diaspal secara langsung.

Kini setelah jalan diaspal ia beserta becaknya bisa melaju lebih mulus karena jalannya sudah rata. Berbeda jauh dengan kondisi yang belum diaspal sehingga membuat becak yang ia kendarai harus berguncang-guncang akibat banyak lubang.

“Rumah saya kan di dusun I, dulunya menuju keluar ke arah simpang Fortuna sekitar 15 menit. Tapi sekarang busa ditempuh hanya 5 menit,”ujarnya sambil tersenyum.

Sarwarni juga berharap agar sesama warga desa menjaga jalan desa yang baru diaspal. Ia juga berharap agar pengaspalan jalan juga bisa diteruskan ke jalan
Pantai Cermin, Desa Air Payung,”paparnya.

“Tadi sewaktu saya bawa wakil bupati di becak, pak wakil bilang agar dibuat polisi tidur dari ban bekas aja. Nah pak wakil tadi bilang gitu, tujuannya agar masyarakat agar naik kereta gak kencang kali,”ujar Sarwarni.

Sementara itu, Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Tambunan, dalam kata sambutannya mengatakan, agar masyarakat dapat memanfaatkan jalan tersebut sebaik-baiknya untuk kehidupan ekonomi masyarakat. Tapi ia juga berpendapat yang lebih sulit ialah menjaga jalan tersebut tetap bagus daripada membangunnya.

“Jalan tersebut juga tidak boleh menjadi arena untuk balapan. Terkhusus untuk kaum muda agar dapat melaju dengan hati-hati dan santai,”jelas Adlin Tambunan.

Menurut Adlin Tambunan, tidak perlu kebut-kebutan karena jalannya di desanya sudah bagus. Tidak perlu juga kebut-kebutan sebagai tanda sudah hebat dan ingin unjuk gigi sebagai anak muda.

Yang terpenting ialah bisa jalan seperti biasa tanpa harus balapa-balapan dan selalu mengutamakan keselamatan lalu lintas,”imbuh Ketua GP Ansor Sumut.

“Dulu waktu jalannya berlubang dan rusak, jalan pelan-pelan. Nah sekarang meskipun jalannya sudah mulus, jalannya juga pelan-pelan dan santai -santai aja. Jangan sampai balap-balapan” kata Adlin Tambunan menutupi akhir kata sambutan.