Berita Sumut Headline Sumut

Adlin Tambunan : Jika Ada Truk Besar Melebihi Tonase Segera Laporkan

SERGAI- Wakil Bupati Adlin Tambunan menghadiri syukuran pembangunan jalan
tiga desa sepanjang 8,6 km di Kecamatan Pegajahan dan Perbaungan, Selasa (4/1/2022).

Adapun ketiga Desa tersebut yakni Desa Pegajahan, Desa Jatimulyo (Perbaungan), dan Desa Senna.

Pembangunan infrastruktur jalan di Desa Pegajahan berlokasi di Simpang Pegajahan – Lestari Dadi sepanjang 1.160 M x 4 M dan 590 M x 3.5 M dengan sumber dana APBD/PEN TA. 2021.

Kemudian Jalan Jati Mulyo -Melati Kebun Kecamatan Perbaungan sepanjang 2.267 M x 4 M, 929 M x 3.5 dan 991 M x 3 M. Terakhir Ruas Jalan Batas Kecamatan Perbaungan dengan Kecamatan Pegajahan – Batas Senna dengan Pulo Gambar Kecamatan Serbajadi Kecamatan Pegajahan.

Adlin Tambunan mengatakan bahwa tahun 2022, fokus pemerintah daerah masih terkait infrastruktur. Oleh karenanya ia meminta agar ruas jalan yang telah dibangun untuk dijaga dan dirawat.

“Pembangunan di tahun 2021 sudah selesai. Tahun ini kami masih membangun jalan. Masih banyak daerah-daerah yang harus dibenahi. Jalan yang ada di Pegajahan ini kami mohon lah dijaga. Ini punya kita, jangan cuek,” kata Adlin di Desa Pegajahan.

Ia juga menegaskan warga untuk tidak takut melapor atau mengadukan ke pihak berwajib jika melihat truk bermuatan tidak wajar atau melebihi tonase melintas.

“Kalau ada truk-truk besar melebihi tonase, lapor saja pada Bhabinkamtibmas, atau Pak Kades, Pak Kapolsek biar diperiksa dan dilarang. Kalau diam-diam aja nanti kita juga yang susah, jalannya cepat rusak,” tegas Adlin
sembari menekankan warga agar berhati-hati dan tidak melaju dalam kecepatan tinggi.

Sementara itu Kades Jatimulyo Suyanto mengatakan bahwa pembangunan jalan ini sangat berdampak pada mobilitas masyarakat.

“Dulu Pak, dari Pegajahan mau ke Perbaungan itu 45 menit. Sekarang bisa tembus 12 menit. Ada waktu 30 menit terpangkas,” kata dia.

Hal serupa juga disampaikan Kades Pegajahan. Menurutnya, ruas jalan yang saling terhubung ini sangat membantu warga dalam membawa beban hasil bumi. Jalan mulus membuat para petani mampu mengangkut hasil pertanian lebih banyak dan aman.

Manfaat pembangunan jalan ini juga dirasakan oleh pelajar bernama Lia.

“Kami dari Dusun 1. Dulu pernah juga lah jatuh pas jalan berlumpur. Sekarang udah enak kali jalanannya. Tapi tetap hati-hati juga,” pungkasnya.

Syukuran ini juga turut dihadiri anggota DPRD Sulistiawati, tokoh masyarakat, dan Kades di masing-masing wilayah.

Tinggalkan Balasan