Hiburan

Akan Hadir Festival Danau Toba September ini, Dimeriahkan Viky Sianipar dan Joy Tobing

Mediasumutku.comI MEDAN-Dinas Pariwisata Sumatera Utara (Sumut) dan Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba (BOPDT) serta 8 Pemerintah Kabupaten se-Kawasan Danau Toba akan menggelar Festival Danau Toba (FDT).

Festival ini akan berlangsung di Parapat Kabupaten Simalungun pada 9 hingga 12 Desember 2019 mendatang.

Direktur Utama (Dirut) BOPDT, Arie Prasetyo menuturkan sebelum event utama ada rangkaian acara pra event yang akan dimulai sejak tanggal 23 November 2019.

“Rangkaian acara pra dan pasca event FDT 2019 akan digelar ‎seperti kebudayaan yakni tarian dan musik khas batak. Kemudian, festival band dan akustik, yang akan bekerjasama dengan Viky Sianipar. Termasuk tim Viky Sianipar dan Joy Tobing sebagai pengisi acara FDT tahun ini,” katanya pada wartawan, Kamis (21/11).

Dijelaskan Arie, dalam FDT mengutama budaya yang mempopulerkan dan melestarikan budaya lokal seperti tarian, musik‎, paduan suara dan lain-lain. Selain itu, ‎ada juga kegiatan berorientasi ke Danau Toba sendiri, Solu Bolon di Kabupaten Toba Samosir. Kemudian, Geoparknya. Arie mengungkapkan akan ada kegiatan fun Bike. Kini, tengah dimantapkan kegiatannya.

“Kemudian ada acara di Kabupaten Asahan juga ada, kayak di Sungai Asahan dari 4 sampai 8 Desember 2019. Jadinya, menjadi rangkaian dari FDT. Banyak kegiatan akan dilakukan. Ini ternasional event  dengan melibatkan beberapa negara datang untuk berkompetisi kayak di Sungai Asahan,” jelas Arie.

Arie mengatakan pada FDT tahun ini, pihaknya akan mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio. Hal ini, terus dikoordinasi dan dikomunikasikan dengan Kementerian terkait‎.

“FDT melibatkan 8 Kabupaten Kawasan Danau Toba. Rencana kita akan mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Wakil Menteri juga. Belum ada konfirmasi sampai saat ini. Tapi terus kita komunikasi dengan pihak Kementerian.

Ia menjelaskan sudah pastinya, akan dihadiri oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi bersama 8 Bupati se-kawasan Danau Toba.”Kita melihat FDT gong terakhir untuk menutup event di Danau Toba. Jadinya, digelar dengan bagus,” sebut Arie.

Arie mengatakan kenapa Parapat diambil menjadi venue utama pada FDT 2019. Karena, memiliki fasilitas penunjang yang lengkap segi amenitas seperti hotel-hotel. Jadi, wisatawan yang hadir tidak kebingungan untuk mencari penginapan.(MS4)