Kesehatan

Akhir Tahun, BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai Tambah Tiga Mitra Kerjasama

TANJUNGBALAI- Sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN–KIS (Jaminan Kesehatan-Kartu Indonesia Sehat), BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai menambah tiga mitra kerjasama dengan fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun rujukan ke tiga provider rumah sakit di penghujung tahun 2021.

“Penambahan jumlah provider dalam hal ini rumah sakit, harus disesuaikan dengan jumlah peserta,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai Lenny Marlina T.U. Manalu, usai kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai, Senin (27/12/2021).

Kepada wartawan, Lenny juga menyampaikan, bahwa terdapat beberapa Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) di wilayah kerja BPJS Kesehatan Tanjungbalai yang baru bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Setelah dilakukan seleksi dan kredensialing sesuai peraturan perundang-undangan, hari ini kita jalin kerjasama dengan tiga rumah sakit yaitu Rumah Sakit Sapta Medika di Batu Bara, Rumah Sakit Umum Permata Hati di Kabupaten Asahan dan Rumah Sakit Umum Hartati Medical Centre di Kabupaten Labuhanbatu,” kata Lenny.

Sebelumnya, berdasarkan data BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai per Desember 2021, terdapat dua rumah sakit di Kabupaten Batu Bara, enam rumah sakit di Kabupaten Asahan dan empat rumah sakit di Kabupaten Labuhanbatu yang menjadi mitra BPJS Kesehatan. Adapun jumlah peserta JKN-KIS di Kabupaten Batu Bara berjumlah 342.792 jiwa, Kabupaten Asahan 560.266 jiwa dan Kabupaten Labuhanbatu 329.481 jiwa.

“Kita harap mulai tahun 2022 peserta bisa mendapat pelayanan merata dan optimal di tiga rumah sakit tersebut. Selain itu kita harap rumah sakit dapat menjalankan kerjasama dengan baik seperti pelayanan tanpa iur biaya hingga Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM RS) untuk meningkatkan mutu layanan terhadap peserta JKN-KIS,” imbuh Lenny.

Sementara itu, sebelumnya Direktur Rumah Sakit Umum Hartati Medical Centre, Hartati Zuraidah Rangkuti, sebagai salah satu perwakilan rumah sakit yang hadir, menyambut baik kerjasama tersebut.

“Dengan adanya kerjasama ini, semoga Rumah Sakit Umum Hartati Medical Centre dapat menjaga kepercayaan sebagai mitra BPJS Kesehatan dan dapat membantu memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi masyarakat dalam hal ini peserta JKN-KIS di Kabupaten Labuhanbatu,” ungkap Zuraidah. (MS10)