Ekonomi

Analis: IHSG akan Dilanda Technical Rebound

mediasumutku.com | JAKARTA – Ternyata, IHSG akhirnya terkapar di zona merah. Artinya IHSG sudah memerah dalam lima hari berturut-turut. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,05% ke level 6.023.039. Sempat menguat ke titik tertinggi di level 6052.492.

Di mana investor asing keluar dari pasar saham tanah air. Tercatat, sebanyak Rp 397,65 miliar dana asing kabur dari bursa pada perdagangan hari ini yang membuat IHSG memerah.

Menurut Analis sekaligus Vice President Samuel Sekuritas Indonesia Muhamad Alfatih mengatakan, pelemahan IHSG pada perdagangan hari ini tidak lepas dari kasus reksadana yang melanda beberapa Manajer Investasi (MI). Sebab, beberapa saham yang diperdagangkan di reksadana tersebut ada yang termasuk kategori blue chips.

Untuk perdagangan hari ini, Alfatih memprediksi akan ada technical rebound yang melanda IHSG. Sebab, indeks dinilai sudah jatuh cukup dalam bahkan menyentuh level terendah sejak Agustus 2019 lalu.

Melansir dari RTI Business, IHSG masuk zona merah sejak perdagangan 21 November 2019. Bahkan, sejak sepekan ke belakang IHSG telah terkoreksi 2,15%. “hari ini mungkin saja akan terjadi minat beli dan kemungkinan indeks akan naik,” ujar Alfatih.

Selain technical rebound, rilis-rilis data ekonomi seperti inflasi menjelang akhir November juga dapat menjadi katalis positif bagi pergerakan IHSG hari ini. Alfatih bilang, data-data ekonomi ini dapat menjadi acuan bagi Bank Indonesia (BI) untuk menurunkan kembali suku bunga acuan.

Jika BI menurunkan suku bunga acuan, maka hal ini dapat menjadi sentimen positif bagi pasar saham atau IHSG.

Setali tiga uang, Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menilai, secara teknikal pergerakan IHSG masih menunjukkan pola konsolidasi wajar sembari menanti momentum kenaikan lanjutan dengan target mendobrak level tertinggi sepanjang masanya kembali.

“Kondisi capital inflow yang masih terus berlangsung secara year-to-date turut menjadi sentimen positif terhadap pola gerak IHSG,” terangnya.

Untuk itu, William memprediksi IHSG akan menguat di kisaran 5.989 – 6.189. Senada, Alfatih juga memproyeksi IHSG akan bergerak menguat di level 6.000-6.100 pada perdagangan hari ini.