Ekonomi

Analis: IHSG akan Tancap Gas ke Zona Hijau

mediasumutku.com | JAKARTA – IHSG mampu bangkit menjelang tutup pasar dan berakhir di zona hijau. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat tipis 0,06% ke level 6.133,90 pada Selasa (3/12). Sempat melemah ke titik terendah di perdagangan hari ini ke level 6.107,64

Investor asing pun memborong saham-saham domestik, terlihat dari net buy asing yang mencapai Rp 17,41 miliar pada perdagangan hari ini. Meski demikian, dalam sepekan, masih terjadi net sell asing senilai Rp 903,94 miliar.

Kepala Riset Koneksi Kapital Indonesia Marolop Alfred Nainggolan mengatakan, penguatan IHSG pada Selasa (3/12), dipengaruhi rilis data inflasi yang berada di bawah ekspektasi pasar.

Untuk diketahui, inflasi pada bulan November 2019 mencapai 0,14% secara month-on-month (mom) dan sebesar 3,0% secara year-on-year (yoy).

Alfred mengatakan insiden ledakan yang terjadi di Monumen Nasional (Monas) sempat mengakibatkan pelemahan IHSG pada awal perdagangan.

Namun, karena ledakan yang relatif tidak begitu besar dan dapat ditangani dengan baik, maka IHSG mampu ditutup di zona hijau.