Ekonomi

Atdag Den Haag Promosikan 36 Varietas Kopi Khas Nusantara

MEDAN– Geliat perwakilan perdagangan di berbagai penjuru dunia terus
terjadi. Atase Perdagangan Indonesia di Den Haag melirik produk kopi sebagai sasaran promosi ke pasar Belanda dan Eropa.

Atdag mempromosikan 36 varietas kopi khas produk 22 petani dari berbagai daerah di Indonesia dalam gelaran Indonesia Coffee Cupping (ICC) 2021 di Den Haag, Belanda.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama KBRI Den Haag dengan petani Indonesia, Coffee Cupping International, Diplomat TV, Astra International, CSA Logistics, dan Hotel Marriott.

Hadir dalam acara tersebut, pemangku kepentingan kopi seperti, buyers dan importir kopi di Belanda, barista, cuppers, vlogger kopi, serta media.

Duta Besar RI untuk Belanda Mayerfas menyampaikan, kegiatan ini merupakan wadah bagi para petani kopi Indonesia bertemu dengan importir dan roasters di Belanda. Kegiatan ini juga empromosikan kopi Indonesia kepada konsumen Belanda dan Eropa.

“Walaupun Covid-19 membatasi pergerakan dan aktivitas perdagangan, kita tidak boleh berhenti untuk mempertemukan dan mempromosikan produsen kopi Indonesia dengan calon pembeli dari Belanda. Melalui ICC 2021, para petani dapat berinteraksi langsung dengan buyers, roasters, dan peserta lainnya meskipun secara virtual,” ujar Mayerfas, Senin (6/9/2021).

Sementara Atdag di Den Haag Sabbat Christian Jannes mengungkapkan, kopi Indonesia memiliki potensi yang besar di pasar Belanda dan Eropa. Belanda, dengan penduduk sekitar 17 juta jiwa, merupakan salah satu negara konsumen kopi yang cukup besar.

Pada 2020, sebagian besar peminum kopi di Belanda mengonsumsi 4 sampai 6 cangkir kopi per hari.

“Kopi merupakan salah satu komoditas penting Indonesia yang diekspor ke Belanda dan Eropa. Meski ada pandemi, ekspor kopi kita ke Belanda masih terus meningkat. Buyers kopi skala besar seperti Daarnhouwer, Starbucks, Douwe Egberts, dan banyak lainnya telah mengambil biji kopi
dari Indonesia,” kata Sabbat .(MS11)

Tinggalkan Balasan