Peristiwa

Basarnas Asahan Cari Dua Nelayan yang Hilang di Laut

Mediasumutku.com | Asahan – Dua nelayan bernama Amran (38) dan Izal (32) dilaporkan hilang saat melaut di kawasan Jermal II Kabupaten Asahan sejak Senin (3/8/2020). Keduanya baru dilaporkan kepada Pos SAR Tanjungbalai – Asahan oleh keluarganya pada hari Kamis (6/8/2020) setelah tak kunjung pulang.

Koordinator Pos (Kapos) SAR Tanjungbalai, Sukroadi Sastra Wijaya mengatakan, proses pencarian dilakukan setelah mendapat laporan dari seorang warga bernama Rudi yang menyebutkan dua rekannya tak pulang setelah diketahui terakhir kali melaut.

“Dilaporkan kepada kami hari Kamis (6/8/2020) sekitar pukul 09.10 WIB. Kami mendapat laporan dari warga tentang hilangnya dua orang nelayan saat melaut di Jermal II, Kabupaten Asahan,” kata Sukroadi, Jum’at (7/8/2020).

Berdasarkan keterangan saksi, kedua nelayan terakhir terlihat beraktifitas menarik jaring di Jermal II pada Senin (3/8/2020) sekitar pukul 14.00 WIB. Harusnya, pada pukul 18.00 WIB seluruh kapal tangkul belacan yang ditumpangi nelayan untuk melaut sudah kembali ke tangkahan. Akan tetapi, sampan yang ditumpangi kedua korban tak juga tiba di dermaga.

“Keterangan saksi, setelah ditunggu beberapa jam, kedua korban belum juga kembali ke tangkahan. Jadi pemilik kapal berinisiatif melakukan pencarian sendiri dengan menggunakan sampan lain,” ungkapnya.

Pencarian yang dilakukan selama tiga hari sejak korban dinyatakan hilang tak membuahlan hasil, hingga pemilik sampan bersama keluarga korban melaporkan peristiwa itu ke Pos SAR Tanjungbalai Asahan.

Dijelaskan Sukroadi, pencarian dilakukan dengan menggunakan satu unit Rescue Double Cabin, satu set perahu LCR dan lainnya.

“Kami tetap upayakan pencarian, semoga kedua korban segera ditemukan,” ujarnya. (MS10)