Medan

Baznas RI Akan Jadikan Medan Role Model Pengelolaan Zakat

MEDAN-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI akan menjadikan Kota Medan sebagai role model pengelolaan zakat. Selain potensi zakat yang dimiliki cukup besar, pendekatan pengurusnya terhadap muzaki dan pemanfaatan dananya bisa dijadikan contoh. Apalagi sejumlah program Baznas RI sesuai dengan program yang tengah dijalankan Pemko Medan.

Demikian terungkap saat Walikota Medan Bobby Nasution menerima kunjungan Pimpinan Baznas RI Pembina Wilayah Sumut Dr Zainulbahar Noor SE Mec, Direktur Perencanaan ZIS DSKL Nasional Dr Ahmad Hambali SAg MH dan Kabag Pertimbangan dan Rekomendasi Area I H Putra Erianton LC di Balai Kota Medan, Selasa (5/4/2022).

Kepada Bobby Nasution, Zainulbahar menjelaskan, kedatangan mereka untuk menyampaikan hasil verifikasi faktual untuk calon-calon pimpinan Baznas Kota Medan. Dari 10 nama, jelasnya, panitia seleksi menetapkan 5 nama untuk menjadi pimpinan Baznas Kota Medan.

“Kelima nama ini kami sampaikan kepada Bapak Walikota. Kami tidak mau memberikan rekomendasi yang cepat sebelum bertemu dan bicara dengan kepala daerah (Wali Kota). Apalagi kami tidak mengenal kelima nama ini. Jadi kami minta masukan dari Pak Wali Kota. Jika setuju dengan kelima nama ini, beliau akan men-SK-kan dan membuat pelantikan pimpinan Baznas Kota Medan,” kata Zainulbahar.

Selain itu Zainulbahar juga menyampaikan kepada Bobby Nasution untuk menjadikan Kota Medan sebagai role model. Sebab, Kota Medan memiliki potensi zakat yang sangat besar dan Baznas RI memiliki sejumlah program seperti Baznas Tanggap Bencana dan Zmart yakni pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pengembangan warung yang dimiliki mustahik.

“Program ini akan kita gerakkan di Medan sehingga Kota Medan bisa menjadi role model,” jelasnya.

Didampingi Kepala Kesbangpol Kota Medan Arjuna Sembiring dan Kabag Kesra M Ali Hanafiah, Bobby Nasution sangat mengapresiasi dan mendukung keinginan Baznas RI untuk menjadikan Kota Medan sebagai role model pengumpulan zakat dan penerapan program. Kemudian, menantu Presiden Joko Widodo ini berharap agar Baznas dapat membantu masyarakat yang ditimpa kesulitan ekonomi maupun terkena bencana.

Kemudian, Bobby Nasution juga mendukung upaya peningkatan zakat yang akan dilakukan Baznas.

“Yang kami khawatirkan bukan pengumpulan zakatnya, tapi penyalurannya. Dikhawatirkan, penyaluran yang dilakukan kurang tepat.

“Untuk itu dalam melakukan penyaluran zakat, kita berharap agar Baznas dapat berkoordinasi dengan Pemko Medan sehingga penyaluran zakat yang dilakukan tepat sasaran,” ungkap Bobby Nasution seraya menyampaikan apresiasi dan dukungan karena Baznas RI akan jadikan Kota Medan sebagai role mode. (MS7)