Sumut

Bedah Rumah Diharapkan Tingkatkan Kesetaraan Warga di Sergai

mediasumutku.com|SERGAI-Program bedah rumah yang dilaksanakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serdang Bedagai diharapkan bisa meningkatkan kesetaraan dan kesenjangan sosial di Serdang Bedagai, sehingga kesetaraan ekonomi masyarakat dapat merata.

Hal itu dikatakan oleh Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Umar Yusri Tambunan menghadiri peletakan batu pertama program bedah rumah yang dilaksanakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serdang Bedagai di Dusun 2 Desa Pematang Guntung Kecamatan Teluk Mengkudu, Kamis (15/7/2021).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Adlin Tambunan mengataka,  program bedah rumah ini hasil kerja keras pengurus Baznas dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah menyerahkan zakat dan infaq nya kepada Baznas Kabupaten Serdang Bedagai.

“Ini suatu bentuk kerja keras dan kerja nyata dari Baznas dan ASN yang ada. Teruslah berbuat baik demi kemaslahatan ummat khususnya warga Serdang Bedagai,”ungkapnya.

Turut hadir Ketua Baznas Serdang Bedagai Hasbul Husnain, Kadis Kominfo Akmal, Kabag Kesra Raden Cici Sistiansyah, Camat Teluk Mengkudu serta Kades Pematang Guntung Juni dan para tamu undangan lainnya.

Wabup Adlin Tambunan berharap kepada Baznas untuk terus menyusun program yang baik demi kemaslahatan ummat.

“Jika tahun ini 10 rumah yang akan dibedah, tahun depan diharapkan bisa 50 rumah. Caranya Baznas harus lebih giat lagi mengumpulkan dana zakat dan shodaqoh dari masyarakat, tidak hanya ASN di jajaran Pemkab Serdang Bedagai,” harapnya.

Tidak hanya mengumpulkan, menurutnya, pengelolaan keuangan yang baik sangat dibutuhkan agar dana yang ada dapat tersalur dan terealisasi kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pada kesempatan itu, Adlin tambunan juga mengimbau, kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan program 5 M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan.

“Mari kita sukseskan vaksinasi yang tengah dilaksanakan Pemerintah. Jika belum di vaksin koordinasi dengan Kepala Desa dan Camat, jika sudah di vaksin, ajak sanak famili dan keluarga untuk di vaksin. Vaksin merupakan salah satu cara kita untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,”tandasnya.

Sementara itu, pemilik rumah Nenek Salasiah mengucapkan syukur dan terimakasihnya kepada Baznas dan Pemkab Serdang Bedagai yang sudah membangun rumahnya. Ia bercerita jika rumahnya sejak dibangun puluhan tahun lalu tidak pernah di renov karna keterbatasan dana.

“Bagaimanalah ya pak, kami hanya buruh tani yang penghasilannya pas-pasan. Hanya cukup untuk makan. Kami bersyukur rumah kami ini diperbaiki. Karna saat hujan atapnya pada bocor, saat angin kencang rumah kami ini seperi mau rubuh,”ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Baznas Serdang Bedagai Hasbul Husnain melaporkan, pada tahun ini, pihaknya memprogramkan 10 bedah rumah warga tidak layak huni. Hingga kini 3 rumah sudah terbangun dan sisanya 7 rumah akan segera dibangun.

“Kita akan terus bekerja demi kemaslahatan ummat dan kita akan jalin kerjasama dengan para ASN khususnya Pemkab Serdang Bedagai dibawah naungan bapak Bupati Darma Wijaya dan bapak Wakil Bupati Adlin Tambunan. Kami yakin jika ulama dan umara bersatu kemaslahatan ummat akan terjaga,” pungkasnya. (MS6)

Tinggalkan Balasan