Ekonomi

BI Sumut Perkirakan Ekonomi Triwulan III Mulai Membaik

mediasumutku.com| MEDAN-Kondisi perekonomian di Sumatera Utara diperkirakan mulai membaik pada triwulan III. Sebab, aktivitas bisnis meningkat di era new normal terkonfirmasi oleh perkiraan kegiatan usaha kedepan yang naik.
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, dalam triwulan III daya beli masyarakat diprediksi mulai meningkat seiring dengan kembali beroperasinya sektor-sektor yang terdampak di samping gencarnya bantuan sosial dari Pemerintah.
“Permintaan eksternal untuk komoditas-komoditas unggulan diperkirakan kembali menggeliat didorong oleh perbaikan ekonomi dunia tercermin dari kenaikan harga di pasar internasional,”katanya, Selasa (11/8/2020).
Kendati demikian katanya, perbaikan tersebut diperkirakan masih belum optimal. Hal itu terlihat dari beberapa pergerakan indikator yang belum pulih dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
“Permintaan domestik dan eksternal diperkirakan mulai picking up. Misalnya, sebagian tenaga kerja telah kembali bekerja seiring dengan pelonggaran pembatasan sosial, kemudian pencairan gaji ke-13 di bulan Agustus 2020,” ujarnya.
Begitu juga lanjutnya, realisasi DAK (dana alokasi khusus) fisik dan dana desa yang masih on track, rencana realisasi dana penanganan bencana Covid 19 untuk kesehatan, jaring pengaman sosial dan pemulihan ekonomi, realisasi investasi untuk maintenance rutin dan replanting masih berjalan on track, kemudian berlanjutnya pembangunan infrastruktur strategis pemerintah dan proyek kelistrikan multiyears.
“Juga adanya peningkatan permintaan eksternal pasca penundaan akibat lockdown di beberapa negara mitra dagang. Pasokan bahan baku komoditas ekstraktif yang melimpah turut mendukung perbaikan kinerja ekspor. Terakhir, peningkatan impor barang baku dan barang modal seiring dengan perbaikan permintaan ekspor dan domestik,”ujarnya.(MS11)