Headline Medan Religi

BKM Masjid Jamik Silalas Kurbankan 11 Lembu dan 3 Kambing

Mediasumutku.com | Medan – Untuk membantu sesama warga dalam merayakan Idul Adha 1441 H. Tahun ini, pihak Badan Kemakmuran Masjid atau BKM, Masjid Jamik Silalas telah kurbankan 11 ekor lembu atau sapi, dan 3 ekor kambing kepada umat muslim sekitar Masjid.

Hal ini dikatakan H.Musa Idishah saat melaksanakan pelaksanaan Qurban di Masjid Jamik, Kelurahan Silalas, Kecamatan Medan Barat, Jalan Sei Deli, Kota Medan, dengan menerapkan sistem Kupon Barcode saat pembagian daging kurban, sesuai indentitas data kependudukan, Sabtu (1/8/2020).

Menurut H.Musa Idishah atau Dodi, saat pendataan, panitia kurban meminta kepada Kepala Lingkungan atau Kepling untuk melakukan pendataan kepada warga dengan cara mengumpulkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Atas dasar pengalaman, ungkap Dodi, Pengurus Masjid Agung, setelah mendapatkan Fotocopi KTP, maka panitia Qurban akan langsung menginput data warga dan memasukannya ke dalam aplikasi yang sudah dipersiapkan empat tahun lamanya.

Disebutkan Dodi tahun ini, sistem pembagian daging kurban secara mendata kependudukan online ini baru kali pertama diterapkan di Masjid Jamik Silalas.

Dikatakan Musa Idishah, setelah memasukan data ke dalam aplikasi, nantinya panitia akan mengeluarkan kupon pembagian berbasis barcode (kumpulan data optik yang dibaca mesin).

Lanjut, Musa Idishah tujuannya pembagian kupon barcode untuk mempermudah panitia masjid dalam membagikan daging kurban kepada setiap umat muslim dengan menggunakan data base kependudukan online tersebut.

Saat pengambilan, panitia kurban juga menerapkan protokol kesehatan, yaitu menempatkan tempat pencuci tangan, saling mengatur jarak kepada penerima, kemudian warga wajib mengenakan masker untuk mengambil daging kurban, sebut Musa Idishah

“Semoga ke depan sistem database ini akan dipublikasikan kepada masing-masing Masjid yang ada di Kota Medan dan Sumatera Utara,” pungkas Musa Idishah.