Kesehatan

BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai Apresiasi Pemda yang Gerakkan Donasi JKN-KIS

Labuhanbatu Utara – Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai, Lenny Marlina T.U.M memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang turut mendukung program donasi JKN-KIS.

Program donasi JKN-KIS ini, memberikan manfaat bagi peserta yang memiliki keterbatasan finansial dalam membayar iuran kepesertaannya dengan melibatkan individu atau kelompok sebagai donatur.

Salah satunya, program donasi badan usaha dapat diwujudlkan melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) badan usaha.

“Saat ini kami sedang mengupayakan gerakan donasi yang merupakan bagian CSR oleh badan usaha di enam wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai, salah satunya di Kabupaten Labuhanbatu Utara,” kata Lenny Marlina kepada wartawan, Kamis (31/3/2022).

Ia mengatakan banyak manfaat yang didapatkan melalui program ini yakni mendapat pelayanan kesehatan, mendapat perlindungan pembiayaan pelayanan kesehatan tanpa batas plafon sesuai ketentuan berlaku dan sebagai bentuk patuhnya warga negara dalam Program JKN-KIS sesuai peraturan perundang-undangan.

Selain itu, manfaat juga dapat dirasakan oleh donatur yang dalam hal ini adalah badan usaha. Antara lain sebagai bentuk dukungan terhadap Program Strategis Nasional, bentuk perhatian kepada masyarakat yang membutuhkan dan untuk meningkatkan citra donatur di mata masyarakat dan Pemerintah.

Lenny menambahkan bahwa terdapat beberapa opsi untuk mendaftarkan masyarakat ke dalam Program JKN-KIS yang dapat dibantu oleh badan usaha.

“Terkait rekrutmen peserta, ada banyak opsi. Pertama, badan usaha bisa memberikan langsung kepada masyarakat yang punya kedekatan khusus seperti pensiunan perusahaan. Kedua, kami juga bisa menyediakan data by name by address baik masyarakat yang murni belum terdaftar ataupun yang kartunya non aktif karena menunggak. Kami juga akan bekerjasama dengan Puskesmas yang punya kontak langsung ke masyarakat sehingga data masyarakat yang benar-benar membutuhkan bisa akurat dan bisa mempermudah badan usaha,” ungkap Lenny.

Sebelumnya, komitmen kerjasama antara BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu telah terjalin. Hal itu dikuatkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara, Muhammad Suib yang menyatakan dukungannya terhadap program donasi badan usaha.

“Program Donasi ini baik kita galakkan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Utara yang membutuhkan, khususnya bagi masyarakat yang belum terdaftar JKN-KIS. Kita memerlukan peran seluruh masyarakat termasuk badan usaha sesuai kemampuannya, sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sekitar,” tutur Suib, Selasa (15/3) lalu.
Suib lantas memaparkan langkah-langkah yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara untuk mendukung program tersebut.

“Selanjutnya kita akan bersurat atau membuat instrumen hukumnya untuk disampaikan resmi kepada seluruh badan usaha, termasuk yang belum sempat hadir saat ini. Selain itu, nanti kita akan berikan penghargaan kepada badan usaha donatur dengan disaksikan masyarakat luas seperti ketika perayaan HUT Kabupaten Labuhanbatu Utara,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang perwakilan badan usaha yang hadir dalam kegiatan tersebut, Edi Purwanto, mengapresiasi adanya Program Donasi sebagai bentuk CSR yang dinilai dapat membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Kami memang menyediakan dana untuk program CSR perusahaan dan sudah ada juga yang membantu masyarakat, jadi untuk Program Donasi ini kami mendukung dan siap melaksanakannya. Kami harap instansi terkait dapat memberikan atau menentukan list masyarakat yang dapat kami bantu iuran JKN-KISnya agar adil bagi masyarakat, dan agar tidak ada tumpang tindih dengan list masyarakat yang akan dibantu perusahaan lain yang terdekat,” tutur Edi. (MS10)