Headline Sumut

Bupati Asahan : Jangan Lupakan Budaya Gotong Royong

Mediasumutku.com | Asahan – Semangat memunculkan kembali budaya gotong royong di tengah masyarakat harus senantiasa diulang dan dipelihara sebagai bagian dari kearifan masyarakat. Semangat kerja dalam kebersamaan tidak boleh dilupakan.

Pesan itu yang ingin disampaikan Bupati Asahan H Surya saat ikut terlibat dalam kegiatan gotong royong bersama masyarakat Kecamatan Tinggi Raja pada Sabtu (8/8/2020) pagi.

Surya menuturkan kegiatan gotong royong sudah lama dilupakan masyarakat, padahal menurutnya gotong royong merupakan budaya asli Indonesia yang pertama kali disampaikan oleh Presiden RI Pertama Indonesia Bung Karno. Sehingga ia mengajak masyarakat untuk kembali meningkatkan aktivitas menjaga kebersihan tersebut.

“Dengan kegiatan ini, kita akan mengetahui tempat mana saja yang menjadi potensi penyebab banjir,” ungkap Surya.

Dari pantauannya dilapangan, ia kerap menyambangi masyarakat yang bekerja membersihkan sejumlah sarana umum seperti jalan jembatan hingga gorong-gorong yang kerap  menyabkan aliran air tersumbat, hingga kemudian dibersihkan oleh warga sekitar dibantu dengan petugas.

Ia menuturkan pentingnya kebersihkan harus segera disadari masyarakat, pasalnya, bukan hanya menyebabkan genangan akibat selokan tersumbat, namun berberapa penyakit pun dapat membahayakan masyarakat.

“Tentunya kita juga nyaman dengan kondisi lingkungan dan sekitar yang bersih,” ujarnya.

Ia berharap kegiatan gotong royong tersebut dapat berlanjut tidak hanya ketika ia hadir, namun atas kesadaran diri masyarakat untuk menjaga kebersihan disekitarnya. (MS10)