Headline Sumut

Bupati Sergai Ajak Umat Islam Makmurkan Masjid

SERGAI– Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Darma Wijaya, mengajak semua umat Islam untuk memakmurkan masjid, salah satunya dengan cara mendirikan salat berjamaah.

Hal itu dikatakan Bupati Darma Wijaya dalam rangka penyerahan mimbar khatib sekaligus menghadiri salat jumat perdana di Masjid Al-Ikhlas, dan menyantuni anak yatim Dusun IX.A Desa Bingkat, Kecamatan Perbaungan, Jumat (3/9/2021).

Pelaksanaan salat jumat perdana di tengah pandemi Covid-19 tersebut, dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Bupati dalam sambutannya mengatakan dengan pembangunan Masjid Al-Ikhlas Desa, dapat menambah dan mendorong semangat masyarakat untuk meningkatkan amal ibadah.

“Bersama kita berupaya memakmurkan masjid dengan salat berjamaah, mengadakan majelis taklim dan pengajian Alquran, kemudian pendidikan keagamaan,” ujarnya.

Bupati Darma Wijaya juga mengingatkan kepada masyarakat, bahwa jangan pernah takut menginfakkan sebagian hartanya untuk pembangunan dan kemakmuran masjid. Sebab, Allah SWT akan menggantinya dengan berkali-kali lipat.

Ia menambahkan optimalisasi fungsi dan peran masjid sebagai pusat pembinaan umat, tidak mungkin dapat dikelola satu kelompok orang saja, tetapi harus melibatkan semua umat Islam di sekitarnya agar masjid menjadi makmur.

Ada tiga pendekatan yang dapat dikembangkan dalam mengoptimalkan fungsi masjid, yakni pertama masjid harus dijadikan sebagai lembaga organisasi yang mandiri dan memiliki daya tarik jamaahnya untuk kesejahteraan.

“Kedua, masjid sebagai pusat pembinaan umat. Ketiga, pengembangan fungsi masjid yang dapat mengakomodir berbagai kepentingan jamaahnya, dalam rangka peningkatan pelayanan pada jamaahnya sendiri,” ujar bupati.

Pada acara salat perdana tersebut, turut hadir Anggota DPD RI, Dedi Iskandar Batubara, Dandim 02/04 Deliserdang, Letkol. Kav. Jackie Yudha, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA, Agus Tripriyono, pengurus BKM Masjid Al-Ikhlas dan jamaah lainnya. **

Tinggalkan Balasan