Berita Sumut Headline Sumut

Bupati-Wabup Sergai Hadiri Syukuran Pembangunan Jalan di Desa Bajaronggi

SERGAI– Satu per satu ruas jalan yang diperbaiki di masa kepemimpinan Darma Wijaya-Adlin Tambunan selesai sudah. Rabu (2/2/2022) giliran jalan Desa Bajaronggi, Kecamatan Dolok Masihul yang diresmikan.

Lewat dana APBD Tahun 2021 dan PEN, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai melakukan hotmix jalan sepanjang 4,7 km. Ruas Jalan ini menghubungkan Desa Sarang Ginting dan Desa Bajaronggi.

Adapun rinciannya yakni Ruas Jalan Bajaronggi dan Sarang Giting Kecamatan Dolok Masihul Sumber Dana APBD TA. 2021 sepanjang 2.218 M x 4 M dan 2.560 M x 4 M melalui sumber dana PEN TA. 2021

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya menuturkan pembangunan jalan yang dilakukan untuk memudahkan masyarakat melakukan mobilitas.

“Dengan adanya pembangunan ini, saya harapkan kepada masyarakat Desa Bajaronggi Kecamatan Dolok Masihul untuk sama-sama menjaga dan merawatnya. Perhatikan kecepatan berkendara agar jalan yang mulus ini tidak disalahgunakan sebagai lintasan balap,” kata dia.

Darma mengatakan, dari ruas jalan yang dibangun ini, masih ada sekitar 1 km yang belum diperbaiki karena statusnya masih Jalan Desa.

“Nanti silahkan Pak Kades Bajaronggi dan Bah Sidua-dua berkoordinasi dan mengusulkan agar bisa dibangun, sehingga jalanannya bisa tembus saling terkoneksi,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Adlin Tambunan menambahkan bahwa Pemkab Sergai menargetkan hingga tahun 2024 mendatang, pembangunan infrastruktur terus menjadi prioritas dan akan dikebut pengerjaannya dengan tetap memperhatikan kualitas.

“Insya Allah kalau statusnya Jalan Kabupaten, akan kita upayakan. Target kita memang sampai 2024 semua jalan kabupaten mulus,” tambah Adlin.

Dalam kesempatan yang sama, Nurhayati (33), warga Dusun Vi Desa Bajaronggi mengungkapkan rasa terima kasihnya atas jalan mulus yang diberikan Pemkab Sergai lewat kepemimpinan Darma Wijaya-Adlin Tambunan.

Ia mengutarakan bahwa seumur hidup baru kali ini melihat jalanan kampungnya diaspal.

“Sebelumnya jelek kali la. Dari aku kecil sampe sekarang umur 33 tahun bahkan mungkin belum lahir pun jalannya gak bagus. Tapi sekarang senang nengoknya udah cantik,” kata dia.

Perempuan yang berstatus ibu rumah tangga ini mengaku, berkat kondisi jalan yang sudah baik, akses masyarakat Bajaronggi ke sejumlah tempat jauh lebih singkat waktu perjalanannya.

“Ini bisa kami bilang jalan lintas lah semenjak diperbaiki. Orang dari Galang pun bisa lewat sini ke Kampung Tengah, pun sebaliknya. Anak sekolah juga enak gak mikir berkali-kali. Kalaupun hujan jalannya minimal udah gak becek lah. Bersyukur dan terima kasih lah kami kepada Pak Bupati,” tambahnya.

Turut hadir dalam syukuran yakni Kadis Perhubungan Gunawan, Muryani Camat Dolok Masihul Muryani, Anggota DPRD Sergai Rasdiaman Damanik, Kades Bajaronggi, dan tokoh masyarakat.