Berita Sumut Headline Pendidikan Sumut

Darma Wijaya : Restu Orang Tua Penting, Terutama Dalam Mencapai Kesuksesan

MEDAN-Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya memberikan kuliah umum di kampus utama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jalan Mukhtar Basri Medan, Sabtu (15/1/2022).

Dalam materi yang disampaikannya didepan Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, wakil rektor, dekan, staf pengajar dan ratusan mahasiswa, ia mengingatkan mahasiswa betapa pentingnya restu orang tua dalam kesuksesan seseorang.

“Kita jangan pernah lupa, restu Allah SWT, restu orang tua. Kesuksesan kita tergantung doa mamak bapak kita. Makanya adik-adik mahasiswa jangan sepelekan restu orang tua,”ungkapnya Dalam Seminar Hasil PKL/PPL Mahasiswa FISIP UMSU.

Sebelum memberikan kuliah umum, Bupati Darma Wijaya juga melakukan MoU dengan Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, terkait kerjasama yang dilakukan antar Pemkab Serdang Bedagai dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Turut hadir para Asisten, Kepala OPD, Kabag dan tamu undangan lainnya.

Bupati juga mengungkapkan bahwa kesuksesan sesorang tidak hanya bergantung pada kerja keras dan keseriusan kita, namun juga doa dan restu orang tua.

“Dulu saya tidak pernah berharap dan bermimpi untuk menjadi Wakil Bupati atau Bupati, namun berkat doa orang tua dan dukungan masyarakat saya jadi begini. Kita jangan pernah takut dan malu berbuat. Lakukan saja selagi itu baik,”tambahnya.

Mantan Wakil Bupati ini bercerita saat dirinya masih muda, bahkan masih sekolah, ia tak malu untuk mengangon lembu. Ia juga menjadi seorang penggalas dan berladang untuk menutupi biaya sekolah.

“Usai tamat SMA, saya gak kuliah. Karna keterbatasan orang tua saya meninggal dan saat itu abang saya sedang kuliah, adik saya sedang sekolah. Jadi saya membantu orang tua menopang kehidupan keluarga. Saya lakukan semuanya selagi itu baik, tanpa malu saya bekerja keras dan Alhamdulillah, sekarang saya rasakan hasilnya,”ceritanya.

Sembari memotivasi, iapun mengingatkan mahasiswa agar tidak takut menjadi enterprenuer, pengusaha yang jujur dan bersosialisasi dengan semua orang dan golongan.

“Jadi kita menjalani hidup, selagi itu baik dan tidak merugikan orang lain, lakukan. Jangan malu, jangan menyerah. Mulai dari muda agar tuanya kita bisa nikmati,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani mengatakan bahwa ia mengenal pak Bupati sebagai pemimpin yang energic dan disayangi rakyatnya. Karna pembangunan yang dilakukan benar-benar menyentuh masyarakat.

“Kita harap pak Bupati terus menjadi pemimpin yang membanggakan. Kami juga bangga terhadap Sergai dibawah kepemimpinan pak bupati, umur ke 18 akan menjadikan Sergai maju terus,” jelasnya.

Perkembangan tekhnologi ini tentunya harus diimbangi dengan kreatifitas anak muda yang harus diarahkan dan dibimbing.

“Kami melibatkan mahasiswa kami dalam merancang konten kreatifvitas untuk dikembangkan di tekhnologi. Karna kita tau jika tekhnologi sudah berkembang dan kita harus manfaatkan itu sebagai wadah promosi,”ungkapnya.

Iapun berharap agar penandatangan MoU ini manjadi langkah awal jalinan kerjasama yang lebih baik lagi kedepannya.

“Terimakasih pak Bupati karna sudah berkanan hadir dan memberikan motivasi kepada mahasiswa kami,”tandasnya.

Sebelumnya, Dekan FISIP UMSU, Arifin Saleh Siregar melaporkan bahwa saat ini hadir 430 mahasiswa FISIP UMSU pada pembukaan seminar hasil PKL/PPL mahasiwa . Para mahasiswa akan mempresentasikan hasil PKL/PPL-nya di depan dosen.

“Kita harap tahun depan mahasiswa dapat melakukan PKL ke Sergai. Beberapa tahun ini karena covid makanya dilakukan hanya di Medan, tidak keluar daerah. Kita khawatir akan menimbulkan kluster baru,”ucapnya.

Usai memberikan kuliah umum, Bupati Darma Wijaya bersama Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani berkeliling Kampus UMSU. (MS6)