Pendidikan

Dosen Diminta Cerdas Menggabungkan Teori Dan Praktik Di Era Digital

MEDAN-Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr.Muryanto Amin, S.Sos., M.Si meminta, kepada seluruh dosen untuk memperluas jaringan dengan sejumlah pihak termasuk kepada para praktisi, mengingat ruang kelas tidak hanya memaknai teoritis namun juga praktik.

“Ruang kuliah jangan hanya mengajarkan tentang aspek teoritis tapi juga lebih banyak pada practically, base project,” kata Muryanto Amin dalam sambutannya pada webinar Inspirasi USU episode ke-2 dengan topik “Kelas Kolaboratif dan Partisipatif”, Jumat (24/9/2021).

Dikatakannya, untuk memenuhi tuntutan zaman digital para dosen diharapkan mencari strategi baru dengan mengkolaborasi antara praktik dan teori sehingga mahasiswa bisa menyampaikan gagasan untuk menyelesaikan masalah yang nyata di sekitar lingkungannya.

“Kolaborasi harus dilakukan dosen di kelasnya sehingga mahasiswa tidak kering terhadap pengetahuan, experiences dari luar yang begitu cepat berubah,” ucapnya.

Rektor menyakini, kegiatan Inspirasi USU yang menghadirkan praktisi dapat memberikan masukan kepada mahasiswa dan dosen di Universitas Sumatera Utara dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi di dunia saat ini.

Inspirasi USU merupakan webinar yang digelar setiap bulan untuk mencari inspirasi bagi pihak universitas dan para mahasiswa, saat ini kegiatan Inspirasi USU telah memasuki pertemuannya ke dua dengan menghadirkan para narasumber yakni, Founder dan Presiden Direktur Binar Academy Alamanda Shantika Santoso, Regional Analytics Manager GOJEK Indonesia Jualianto Hogeng, dan Ketua Perkumpulan Kader Bangsa Dimas Oky Nugroho dan dipandu oleh Wakil Rektor I USU Dr.Edy Ikhsan., SH, MA selaku moderator. (MS7)