Pendidikan

Dosen UNA Terpilih jadi Mentor Pejuang Muda

ASAHAN – Dosen Fakultas Teknik Program Studi Teknik Mesin Universitas Asahan (UNA), Kabupaten Asahan, Zufri Hasrudy Siregar, S.T., M.T, lolos jadi Mentor Pejuang Muda 2021, pada program baru yang diinisiasi oleh Kementerian Sosial melalui Program Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta Kementerian Agama.

Zufri Hasrudy Siregar, lolos sebagai Mentor Pejuang Muda 2021 dari 65 mentor terpilih seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia.

Program ini, dengan menggandeng mahasiswa aktif sebagai peserta dari berbagai perguruan tinggi, bertujuan untuk membantu pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), di samping, sekaligus merancang program sosial berbasis pemberdayaan di seluruh provinsi di Indonesia.

Program Pejuang Muda dapat menjadi platform yang menyediakan wadah laboratorium sosial bagi para mahasiswa untuk menerapkan ilmu dan pengetahuannya untuk memberikan dampak sosial secara konkret.

Melalui program setara 20 SKS ini, mahasiswa akan ditantang untuk belajar dari warga sekaligus berkolaborasi dengan pemerintah daerah, pemuka masyarakat, tokoh agama setempat serta seluruh pemangku kepentingan penggerak sosial di daerah.

“Saya tertarik mengikuti program pejuang muda ini, karena visinya selaras dengan tugas akademik dalam bidang pendampingan dan pemberdayaan sebagai salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yang harus dipenuhi oleh setiap dosen,” katanya.

Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si didampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Sri Rahayu, M.Pd, mengatakan, dalam program tersebut mahasiswa akan ditantang untuk belajar dari warga sekaligus berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat serta seluruh stakeholder penggerak sosial di daerah.

“Di sinilah peran mentor untuk menyeleksi, memberikan arahan, dan mendampingi mahasiswa peserta Pejuang Muda dalam melaksanakan tugas-tugasnya,” katanya, Kamis (6/1/2021).

Atas prestasinya lolos sebagai Mentor Pejuang Muda 2021, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si didampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Sri Rahayu, M.Pd memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Zufri Hasrudy Siregar, S.T., M.T di ruang rektor.

Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si didampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Sri Rahayu, M.Pd menyebut prestasi Zufri Hasrudy Siregar, S.T., M.T sangat membanggakan bagi almamater.

Apalagi Zufri Hasrudy Siregar, S.T., M.T yang lolos di antara ratusan calon mentor Pejuang Muda 2021 dari seluruh Indonesia.

“Kami perlu mendorong semua dosen untuk berkontribusi seluas-luasnya di tengah masyarakat dengan mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas achievement yang diperoleh dosen,” ujarnya.

Selain itu, penghargaan tersebut dimaksudkan untuk memotivasi dosen-dosen berpotensi di lingkungan UNA agar menunjukkan prestasinya secara nyata.

“Selamat kepada Bapak Zufri Hasrudy Siregar, S.T., M.T atas keberhasilannya. Semoga ke depan semakin banyak dosen-dosen UNA yang mampu menunjukkan prestasi membaggakan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ungkapnya`. (MS10)

Tinggalkan Balasan