Nasional Sumut

DPS Kota Tanjungbalai 118.132 Orang

mediasumutku.com | Asahan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungbalai telah melakukan pendataan daftar pemilih sementara pada pesta demokrasi seretak pemilihan wali kota dan wakil walikota di Pemilu tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Dari enam kecamatan di Kota Tanjungbalai, telah terdata sebanyak 118.132 pemilih dalam Dafar Pemilih Sementara (DPS) dan akan menggunakan hak politiknya nanti.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Tanjungbalai, Luhut Parlinggoman Siahaan usai menggelar rapat pleno di Aula Hotel Grand Siggie, Kota Tanjungbalai, pada Senin (14/9/2020).

“Sebelum ditetapkan menjadi DPS, sudah melalui proses yang cukup panjang. Setelah penyerahan DP4 dari Kemendagri, kemudian dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) oleh PPDP, dilakukan sinkronisasi daftar pemilih, kemudian dilakukan rekapitulasi daftar pemilih di kelurahan, kecamatan sampai hari ini kita rekapitulasi tingkat Kota Tanjungbalai, sampai akhirnya ditetapkan menjadi DPS,” jelas Ketua KPU Tanjungbalai, Luhut Parlinggoman Siahaan, Selasa (15/9/2020) kepada wartawan.

Usai penetapan ini, kata Luhut, maka pihaknya menerima tanggapan dari masyarakat terhadap DPS tersebut. Bila ada tanggapan, akan dilakukan perbaikan sebelum akhirnya nanti menjadi Dafta Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Tanjungbalai 2020.

“DPS ini akan diumumkan dan meminta masyarakat untuk mengecek namanya sudah terdata atau belum, sebelum nantinya ditetapkan sebagai DPT untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungbalai tahun ini,” sebutnya.

Total Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari DPS itu berjumlah 365 TPS. Rinciannya, di Kecamatan Tanjungbalai Selatan terdapat 53 TPS dengan jumlah pemilih sebanyak 14.933 orang. Di Kecamatan Tanjungbalai Utara total pemilih 12.110 orang dengan jumlah TPS sebanyak 41 TPS. Sedangkan di Kecamatan Sei Tualang Raso terdapat 17.866 pemilih yang tersebar di 53 TPS.

Kemudian, 26.845 pemilih dengan 75 TPS di Kecamatan Teluk Nibung, 25.358 pemilih dengan 71 TPS di Kecamatan Datuk Bandar dan 21.020 pemilih dengan 72 TPS di Kecamatan Datuk Bandar Timur. (MS10)