Pendidikan

Dukung Kampus Merdeka, STMIK Royal Kisaran Jalin MoU dengan PDAM Tirta Silaupiasa

Mediasumutku.com | ASAHAN – Mendukung Kampus Merdeka, Merdeka Belajar, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Royal Kisaran melaksanakan penandatanganan nota kepahaman dengan PDAM Tirta Silaupiasa, pada Selasa (30/3/2021).

Penandatanganan dilakukan antara Ketua STMIK Royal Kisaran, Wan Mariatul Kifti dan Direktur PDAM TSP Asahan, Rusfin Arif.

“Penandatanganan kerjasama  antara STMIK Royal Kisaran dan PDAM Tirta Silau Piasa melalui program magang mahasiswa di BUMD tersebut,” kata Wan Mariatul Kifti.

Ruang lingkup nota kesepahaman bersama kata, Wan Mariatul Kifti juga terkait memorandum of Understanding (MoU) tri dharma perguruan tinggi, dan Memorandum of Agreement (MoA) terkait, penelitian, pengabdian, ,agang dan kuliah kerja lapangan (KKL).

Wan Mariatul mengatakan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat saat ini, telah membawa perubahan yang sangat pesat pula dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam masa yang sangat dinamis ini, perguruan tinggi harus merespon secara cepat dan tepat.

“Diperlukan transformasi pembelajaran untuk bisa membekali dan menyiapkan lulusan Pendidikan tinggi agar menjadi generasi yang uggul. Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja,” jelasnya.

Dia menjelaskan, kebijakan merdeka belajar, kampus merdeka ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, pada Pasal 18 disebutkan bahwa pemenuhan masa dan beban belajar bagi mahasiswa program sarjana atau sarjana terapan dapat dilaksanakan.

Melalui merdeka belajar, kampus merdeka, mahasiswa diharapkan memiliki kesempatan untuk 1 (satu) semester menempuh pembelajaran di luar program studi pada Perguruan Tinggi, yaitu melalui, program magang di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yaitu, PDAM Tirta Silaupiasa.

Direktur PDAM TSP Asahan, Rusfin Arif menyambut baik proses kerjasama ini. “Kami berharap, kerjasama ini bermanfaat bagi para mahasiswa dan dalam rangka pengamalan tri darma perguruan tinggi,” kata Ruspin Arif. (MS10)