Headline Peristiwa

Fenomena Alam Tanah Amblas Terjadi di Dairi

mediasumutku.com | DAIRI : Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Dairi, Bahagia Ginting S.Sos didampingi Kabid Kesiapsiagaan dan Pencegahan Lipinus Sembiring Senin, (25/11) mengatakan fenomena Sinkhole atau fenomena alam tanah amblas terjadi di Kuta Nangka Desa Kempawa Kecamatan Tanah Pinem Dairi sehingga 3 kepala keluarga terpaksa pindah atau mengungsi, yakni Sabar Ginting, Cara Tarigan, dan Keluarga Ripin Sembiring.

Fenomena aneh tanah amblas terjadi di Dusun Kuta Nangka Desa Kempawa Kecamatan Tanah Pinem Dairi. Tanah amblas kedalaman 10 meter dengan diameter 15 meter, Minggu (17/11) sore. Peristiwa mengakibatkan dua rumah mengalami kerusakan di bagian dapur yaitu milik Sabar Ginting (44) dan Ripin Sembiring. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu.

Kemudian, beberapa bulan terakhir lubang-lubang dengan ukuran bervariasi bermunculan di areal perladangan. Sudah ada sekitar 2-6 lubang di daerah perladangan. Peristiwa itu membuat warga ketakutan. Karena tidak tahu apa penyebabnya. “Ketakutan mereka, apabila peristiwa itu terjadi di rumah dan pada saat tidur,” ucapnya.