Gelar HPSN, Wamen LHK, Ajak Masyarakat Kawasan Geosite Sipinsur Jaga Kebersihan Kawasan Wisata

Mediasumutku.com | Humbahas – Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan, terutama berkaitan dengan masalah sampah. Maka Pemerintah Kabupaten Humbahas telah menggelar acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020.

Demikian Hal yang dikatakan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong saat HPSN digelar di lokasi obyek wisata Geosite Sipinsur, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sabtu (29/2/2020).

Kegiatan ini digelar sebagai upaya untuk mengedukasi sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan, terutama masalah sampah.

Peringatan HPSN Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong. Selain melakukan aksi bersih-bersih dengan memunguti sampah di sekitar obyek wisata tersebut, HPSN juga dirangkaikan dengan sejumlah acara lainnya, seperti pemberian fasilitas pengolahan sampah yakni becak sampah bermotor, tempat sampah terpilah, pemberian bibit pohon serta penandatanganan prasasti peresmian TPA yang dilakukan Wamen LHK.

Acara berlangsung cukup meriah tersebut, Wamen LHK juga melakukan penanaman pohon bersama Plt Walikota Medan Akhyar Nasution, sejumlah Dirjen LHK, mewakili Gubsu Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Sekda Kabupaten Humbahas Tonny Sihombing serta sejumlah bupati yang turut hadir dalam peringatan HPSN tersebut.

Peringatan HPSN 2020 semakin meriah lagi dengan tampilnya Bams Samson. Penyanyi asal ibukota Jakarta itu menghibur seluruh pengunjung yang hadir dengan sejumlah tembang apiknya. Usai menghibur pengunjung. Bams juga sangat mengapresiasi dan mendukung penggunaan tumbler. Dia berharap agar seluruh orang mempergunakan tumbler (botol tempat air minum), guna mengurangi penggunaan air minuman dalam kemasan plastik.

Sementara itu menurut Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian LHK Rosa Vivien Ratnawati selaku Ketua kegiatan HPSN 2020 dalam laporannya menjelaskan, di pilihnya kawasan Danau Toba sebagai sebagai tempat peringatan HPSN 2020, guna mendukung program nasional sektor pariwisata destinasi super prioritas di Indonesia.

Di samping itu terang Rosa lagi, sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan, terutama masalah sampah.

“Kita berharap peringatan HPSN 2020 menjadi momentum untuk mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, termasuk menjaga kebersihan kawasan wisata. Apabila tidak bersih, kawasan wisata tidak akan dikunjungi wisatawan,” kata Rosa.

 

MS8

Next Post

Polisi Grebek Rumah Pengedar Sabu, 3 Pelaku Diamankan

Sab Feb 29 , 2020
Mediasumutku.com-| Sergai-Tim opsnal unit reskrim Polsek Perbaungan grebek rumah pengedar sabu Di Dusun VI Pematang Pulau Desa Naga Kisar, Jumat (28/02/2020) sekira pukul 11.00WIB. Akibatnya pemilik rumah, dua pelanggan dan barang bukti sabu di gelandang ke Mapolsek perbaungan. Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang SH, Mhum mengatakan pengrebekan rumah terduga pengedar […]

Breaking News