Ekonomi

Gerakan Bersama Angkat Indonesia Kuatkan Geliat UMKM

mediasumutku.com| MEDAN– Era kenormalan baru belum sepenuhnya mengembalikan kehidupan masyarakat. Salah satunya di bidang ekonomi, sektor usaha kecil dan mikro masih perlu banyak dukungan. Di Jawa Timur misalnya, ribuan pengusaha kecil dan mikro masih membutuhkan bantuan modal usaha.

Berangkat dari kondisi ini, Global Wakaf-ACT terus berikhtiar menghadirkan dukungan terbaik bagi pelaku UMKM. Lewat gerakan Bersama Angkat Indonesia, bantuan modal dan aset usaha diberikan melalui Program Wakaf Modal UMKM. Seribu pelaku UMKM di Jawa Timur mendapatkan dukungan tersebut.

“Hal yang dibutuhkan pelaku UMKM saat ini adalah mobilitas mereka yang lebih mudah. Sehingga, bisa kita bayangkan jika ada gerobak ini mereka bisa lebih mobile dan akan meningkatkan kapasitas usaha mereka,” ungkap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa,” Jumat (4/6/2021).

Sementara itu, Presiden ACT Ibnu Khajar mengatakan, kehadiran bantuan untuk UMKM di Jawa Timur ini merupakan ikhtiar memperkuat pelaku usaha kecil dan mikro. Ibnu juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur yang merespons cepat dukungan wakaf Global Wakaf-ACT.

“Dengan spirit Bersama Angkat Indonesia, kami juga ingin mengangkat UMKM Indonesia ke posisi yang jauh lebih baik,” jelas Ibnu.

Salah satu penerima bantuan Wakaf UMKM di Jawa Timur ini ialah Suwito. Pria berusia 57 tahun itu penerima bantuan gerobak. Ia membuka warung kopi dengan menyewa tempat di Pasar Baru, Bluru Kidul, Sidoarjo.

Suwito bersyukur dengan kehadiran bantuan aset usaha dari Global Wakaf-ACT itu. Ia berencana membuka usaha baru berupa jus dan es buah.

“Sebelum pandemi, rata-rata penghasilan bersih Rp150 ribu per hari. Sejak Covid-19 hanya Rp60 ribu per hari. Sebab itu, saya sangat bersyukur dengan bantuan gerobaknya. Saya bisa berjualan berkeliling atau mencari tempat yang pas,” ungkap Suwito.

Global Wakaf-ACT sebelumnya juga telah memberikan modal usaha tanpa riba ke ribuan UMKM. Tidak sebatas bantuan, pendampingan pun diberikan sebagai ikhtiar meningkatkan kapasitas para pelaku usaha.(MS11)

Tinggalkan Balasan