Berita Sumut Headline Sumut

Gubsu dan Wagubsu Salat Idulfitri di Lapangan Merdeka Medan

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah melaksanakan Salat Idulfitri 1443 Hijriah di Lapangan Merdeka, Jalan Pulau Pinang Medan, Senin (2/5).

Turut hadir Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis, Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari, Pj Sekretaris Daerah Sumut Afifi Lubis, Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, Wakil Walikota Medan Aulia Rachman, serta para pejabat Pemprov Sumut dan Pemko Medan.

Salat Idulfitri yang dimulai pukul 07. 20 WIB tersebut juga ikuti ribuan masyarakat Kota Medan dan sekitarnya. Bertindak selaku Imam Qori Internasional Jakfar Hasibuan dan sebagai Khatib Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan Hasan Matsum

Dalam khutbahnya Hasan Matsum menyampaikan, ada tiga transformasi yang diperkenalkan Ramadan dalam kehidupan muslim yang beriman, yakni transformasi jasmani/fisik dengan menahan diri tidak makan dan minum sesuai perintah Allah SWT dalam Quran Surat Al-Baqarah ayat 35.

Traspormasi ruhani (spritual) dengan menahan diri dari perilaku buruk pada semua panca indera dengan kesadaran batin untuk menjadikan hawa nafsu sebagai hal yang harus dikalahkan. Serta transformasi sosial untuk menambah nilai ibadah puasa dengan memberi makan berbuka kepada orang yang berpuasa.

Hasan Matsum berharap dengan semangat Ramadan ini bisa bersama membangun kebersamaan. “Ayo jadikan momen Ramadan ini kita bangun kebersamaan, karena dengan modal kebersamaan kita akan kuat untuk membangun Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif serta Sumut yang bermartabat, baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur ,” ujarnya.

Usai Salat Gubernur Edy Rahmayadi dan Wagub Musa Rajekshah tampak saling bersalaman dengan masyarakat, dan tidak sedikit yang mengabadikan momen tersebut.

Pada kesempatan itu, Gubernur Edy Rahmayadi mengucapkan selamat merayakan Idulfitri 1443 H dan menyampaikan Covid 19 belum berakhir, serta mengimbau masyarakat tetap waspada dan tidak mengabaikan protokol kesehatan.

“Insya Allah, semua akan dilindungi Allah dari mala petaka dan kesulitan. Selamat Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah kepada seluruh masyarakat Sumut, minal aidin wal faizin, mohon lahir dan batin. Di hari yang suci ini semoga Allah menyucikan kita semua untuk melanjutkan pembangunan Sumut yang bermartabat,” ungkap Edy Rahmayadi*