Bermartabat Headline Olahraga Pemprov Sumut Sumut

Gubsu Letakkan Batu Pertama Pembangunan “Ikon Baru” Sumatera Utara

Mediasumutku.com | Deli Serdang – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meletakkan batu pertama (Groundbreaking) pembangunan Kawasan Sport Center di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (14/8/2020).

Acara peletakan batu pertama Kawasan Sport Center dihadiri unsur Forkopimda seperti Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Pangdam I/BB, Pangkosekhanudnas, Lantamal I Belawan, Sekda Provinsi Sumut Sabrina, Bupati Deli Serdang Azhari Tambunan, Bupati Batubara Zahir, Bupati Labura Kharuddin Syah, Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi, tokoh masyarakat Sumut RE Nainggolan serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Gubsu Edy Rahmayadi menyampaikan bahwa pembangunan Kawasan Sport Center ini sudah lama di rencanakan. Dan, dengan dimulainya peletakan batu pertama ini impian kita membangun sebuah tempat yang representatif akan terwujud.

“Dengan anggaran mencapai 1,8 triliun kita akan membangun stadion dengan kapasitas 75 ribu penonton dan rumah sakit dengan konsep go green. Pembangunan rumah sakit dengan fasilitas yang lengkap kita harapkan dapat mengurangi intensitas masyarakat Sumut untuk berobat ke luar negeri,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara Baharuddin Siagian menyampaikan bahwa luas lahan kawasan Sport Center di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang mencapai 300 hektar.

“Konsep bangunan Sport Center ini akan menunjukkan keanekaragaman suku budaya di Sumatera Utara. Seluruh kawasan yang ada di Sport Center ini akan dibagi menjadi 3 zona, yaitu zona olahraga, zona komersial dan zona pendukung lainnya,” kata Baharuddin.

Stadion yang akan kita bangun, kata Baharuddin adalah lapangan bola dengan kapasitas penontonnya mencapai 75 ribu orang. Selain pembangunan stadion, aquatic (kolam renang), kita juga akan bangun rumah sakit dengan konsep go green, wisma atlet, mall, boulevard, jogging track, lapagan volly, volley pantai serta fasilitas pendukung lainnya.

“Pembangunan kawasan Sport Center ini memiliki tujuan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan sebuah tempat yang representatif dengan sarana prasarana yang lengkap. Target kita ke depan adalah menjadi tuan rumah PON tahun 2026 dan Sea Games tahun 2023,” katanya.

Kemudian, lanjutnya kawasan Sport Center ini akan menjadi ikon baru Sumatera Utara sekaligus sebagai tempat untuk menempa generasi muda kita untuk lebih berprestas di berbagai cabang olahraga dan memiliki prestasi ditingkat nasional dan internasional.

Bupati Deli Serdang, Azhari Tambunan menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang mempercayakan Deli Serdang sebagai tempat dibangunnya kawasan Sport Center yang akan menjadi ikon baru Sumatera Utara. Tepatnya di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis. Kabupaten Deli Serdang. Semoga pembangunan sport center ini dimudahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa dan bisa selesai tepat pada waktunya.

“Saya pikir ini akan menjadi kenangan bersejarah khususnya bagi masyarakat Deli Serdang dan umumnya bagi masyarakat Sumatera Utara. Karena Kawasan Sport Center ini akhirnya akan terwujud dengan dimulainya peletakan batu pertama ini,” tandasnya.

Selain acara peletakan batu pertama, pada kesempatan itu Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Ny Nawal Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin menyerahkan santunan kepada 10 orang anak yatim piatu, sebelumnya Kadispora Sumut Baharuddin Siagian sudah menyerahkan santunan kepada 90 orang anak yatim piatu di Masjid Al-Jihad.