Ekonomi

Harga Emas Spot Terus Melemah

mediasumut.com | JAKARTA – Perdagangan pada akhir tahun ini. Senin (25/11/2019) pukul 14.26 WIB harga emas terus melemah seiring kabar kesediaan Amerika Serikat (AS) dan China untuk menandatangani kesepakatan. Harga emas di pasar spot ada di US$ 1.458,93 per ons troi, turun 0,20% dari akhir pekan lalu yang ada di US$ 1.461,93 per ons troi.

Sementara itu, harga emas untuk pengiriman Februari 2020 di Commodity Exchange ada di US$ 1.466 per ons troi, turun 0,30% dari akhir pekan lalu yang ada di US$ 1.470,50 per ons troi.

Harga emas turun ke level terendah dalam satu pekan karena pernyataan kesediaan AS dan China untuk menandatangani kesepakatan perdagangan awal pada akhir tahun. Hal ini mengerek permintaan aset berisiko dan mengangkat pamor dolar.

“Optimisme perdagangan mendorong saham global naik tinggi dan modal lari dari tempat yang aman ke aset berisiko,” kata Margaret Yang Yan, analis pasra CMC Markets seperti dikutip Reuters.

Berita utama tentang optimisme perundingan dagang AS-China mendorong saham Asia kembali rebound, sementara dolar AS bangkit.

Mata uang dolar AS rebound pada Jumat pekan lalu setelah survei menunjukkan output manufaktur AS meningkat lebih dari yang diharapkan pada November.

“Data ekonomi AS telah menunjukkan tanda-tanda stabilisasi baru-baru ini.. juga konsensus bahwa perlambatan global akan menurun pada kuartal pertama tahun depan kemudian mulai rebound,” kata Yan.

Namun, penurunan harga emas sedikit terbatas akibat investor masih berhati-hati dengan pernyataan pejabat AS dan China yang mengatakan kecil kemungkinan adanya kesepakatan dagang fase kedua.