Ekonomi

Harga Minyak Mentah Bergerak Turun

mediasumutku.com | JAKARTA – Harga minyak mentah dunia bergerak turun pada perdagangan Rabu (18/12). Tertekan data industri Amerika Serikat (AS) yang menunjukkan kejutan dalam persediaan minyak mentah.

Mengutip Bloomberg, pukul 15.51 WIB, minyak Brent ke US$ 65,71 per barel atau turun 0,59%. Pada sesi sebelumnya menembus rekor tertinggi US$ 66,10 per barel.

Sedangkan, minyak West Texas Intermediate (WTI) pengiriman Januari 2020 ke level US$ 60,43 per barel atau turun 0,84%.

“Reli pasar minyak yang mendesis terhenti setelah kenaikan tak terduga dalam laporan persediaan minyak mentah mingguan AS,” kata Stephen Innes, analis pasar AxiTrader.

“Para investor telah melampaui euforia reli perdagangan yang diilhami oleh kesepakatan perdagangan, dan sekarang perbankan pada perubahan mendasar yang didorong oleh permintaan yang dapat mempercepat laju penyeimbangan kembali pasar minyak pada kuartal pertama 2020.”

Asal tahu, penurunan harga minyak hari ini mengikuti kenaikan lebih dari 1% di sesi sebelumnya karena kesepakatan perdagangan “fase satu” AS-China yang diumumkan pekan lalu.

Sebelum kesepakatan perjanjian itu, pasar minyak terhambat oleh kekhawatiran atas dampak ekonomi dari perang perdagangan antara dua konsumen minyak terbesar dunia tersebut.