Ekonomi

Harga Sawit Mulai Pulih Ditengah Pandemi

mediasumutku.com| MEDAN- Meskipun sempat mengalami penurunan, di masa pandemi ini,  harga sawit justeru mulai kembali pulih.

Sekretaris Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Sumut, Timbas Prasad Ginting mengatakan, saat ini kinerja kelapa sawit masih bagus.

“Memang beberapa minggu lalu sempat mengalami penurunan. Tapi hari ini sudah kembali naik. Fluktuasi harga sedikit-sedikit, biasalah itu,” katanya, Jumat (9/10/2020).

Dikatakannya, untuk harga ekspor juga hingga saat ini masih normal dengan kecenderungan naik. Apalagi, kinerja ekpor ke beberapa negara-negara tujuan juga sudah menunjukkan perbaikan.

“Bahkan, untuk saat ini, negara Tiongkok juga lagi bagus. Ekspor ke negara Tiongkok sedang baik,” ujarnya.

Kepala Kantor Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, hingga bulan Agustus tercatat ekspor Sumatera Utara menunjukkan perbaikan. Pada periode Juli hingga Agustus 2020, ekspor tercatat USD1,4 miliar atau tumbuh 2,1%(yoy), lebih tinggi dari triwulan sebelumnya.

“Kinerja ekspor ke negara mitra dagang utama mulai menunjukkan perbaikan, ditopang perbaikan kinerja ekspor ke Tiongkok dan Bangladesh. Adapun tiga faktor utama perbaikan kinerja ekspor sawit antara lain normalisasi aktivitas produksi di negara tujuan, tingginya kebutuhan produk sawit dan turunannya selama pandemi, dan apresiasi harga CPO dunia,” ujarnya.

Investasi swasta yang bergerak di bidang kelapa sawit dan turunannya juga diprediksi akan mempengaruhi investasi Sumatera Utara pada triwulan III 2020 diprediksi mengalami tumbuh lebih baik dari triwulan sebelumnya.(MS11)

Tinggalkan Balasan