Kesehatan

Hari AIDS Sedunia, Dinas Kesehatan Sergai dan Polisi Bagikan Brosur

mediasumutku.com | SERGAI- Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia, Polres Sergai bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan tes urine sekaligus pembangian brosur di Jalinsum.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan di Mapolres Sergai, sedangkan untuk pembagian brosur informasi HIV/AIDS di depan Mapolres Sergai, tepatnya Jalinsum Medan – Tebing Tinggi di Desa Firdaus, Kecamatan Seirampah, Sergai, Rabu (4/12/2019).

Kapolres Sergai AKBP H Juliarman Eka Putra Pasaribu melalui Kasat Narkoba Polres Sergai, AKP Martualesi Sitepu menyampaikan, bahwa hari ini pemeriksaan kesehatan dan tes urine di RTP Polres Sergai dalam rangka Hari AIDS Sedunia.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan
oleh Dinas Kesehatan, Komisi Penanggulangan AIDS dan Polres Sergai.

Adapun jumlah tahanan yang diambil sample urinenya adalah sebanyak 26 orang terdiri dari tahanan narkoba sebanyak 17 orang, Satreskrim 7 orang dan Satlantas 2 orang di dalam ruangan tahanan Polres Sergai,” AKP Martualesi Sitepu.

Dalam pemeriksaan urine dipimpin oleh Paur Kesehatan Polres Sergai dan Para Perwira Polres Sergai, Anggota Sat Res Narkoba dan Satlantas Polres Sergai.

Sedangkan dalam pemeriksaan turut hadir, Kadis Kesehatan Kab.Sergai Dr.Bulan Simanungkalit, Kabit P2P Liagustina Simamora, Kasie P2 M Abdul Fauzi Fahmi, Sapuan (staf) Kenny Manurung (staf), Sutriana Sianturi (staf), Mei Ade (staf) Andi (staf) dan Komunitas Wanita Pekerja Seks (WPS), Komunitas Waria dan Masyarakat Sergai, Yayasan /LSM, SP2S.

“Dari hasil pemeriksaan HIV /VCT sebanyak 26 hasilnya negative HIV/AIDS,” ujarnya.

Usai melakukan pemeriksaan, lanjut Martualesi, kemudian dilakukan pembagian brosur informasi HIV/AIDS dan menempelkan stiker di kaca mobil dan kenderaan bermotor yang melintas di Jalinsum Medan – Tebing Tinggi yang sebanyak lebih kurang 1000 exampler.

“Pemeriksaan kesehatan, tes urine dan pembagian brosur/stiker informasi HIV/AIDS selesai sekira pukul 11.00 dengan berjalan lancar dan terkendali serta di akhiri foto bersama,” ungkapnya.