Ekonomi Headline Sumut

Hj. Hidayati : Semua Elemen Ikut Berperan Menjaga Kelestarian Danau Toba

mediasumutku.com | MEDAN – Kaldera Toba merupakan suatu kawasan yang memiliki potensi yang luar biasa dengan memadukan potensi utama yaitu Geodiversity, Biodiversity, Culturediversity, dengan pengembangan Geo Pariwisata yang berkelanjutan demi meningkatkan budaya, Produk lokal, dan dapat menciptakan lapangan kerja.

Hal tersebut disampaikan GM BP-Geopark Kaldera Danau Toba, Dr. Ir. Hj. Hidayati, M.Si pada acara Webinar Nasional #6 Taruna Merah Putih dengan tema “Membangkitkan Gairah Pariwisata Sumatera Utara dan Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19” yang diikuti 10 ribu peserta secara daring (online) di seluruh Indonesia, 7100 peserta menyaksikan lewat Youtube streaming dan Zoom meeting dengan peserta 3000 orang lebih, Sabtu (3/10/2020).

BACA JUGA : Perguruan Tinggi Ikut Berperan Dalam Memajukan Sektor Pariwisata

Dengan rinci, Hidayati memaparkan perjuangan Geopark Kaldera Toba mulai dari awal hingga akhirnya bisa mendapatkan pengakuan dari UNESCO.

“Outstanding Value GNKT dan stategi pengelolaannya apa sebenarnya yang menjadi kehebatan Geopark Toba itu sehingga bisa diterima UNESCO, kami membuat 5 formulasi yaitu 5 Super : Super Volcano, Super brief vulcanic, super beautiful lansekap, super culture heritage dan super unic bidiversity,” katanya.

BACA JUGA : Webinar Nasional #6 TMP Bahas Sektor Pariwisata Sumut Di Tengah Pandemi Covid-19

Lalu bagaimana mengelola lima formulasi ini, lanjutnya, ada 5 P yang kami terapkan yaitu planning (perencanaan), power of manajemen penguatan pengelolaan, protection – melindungi alam dengan upaya pelestarian, pech comuniti empowermen dan point monitoring evaluation.

“Secara berkesinambungan, 5 P ini kami jalankan dengan baik. Harapan kami, semua elemen ikut berperan dalam mendukung upaya pelestarian kawasan hutan di sekeliling Danau Toba,” tandasnya.