Sumut

Idul Adha, 2.000 Ekor Domba Akan Diqurbankan di Sergai dan Tebingtinggi

mediasumutku.com|SERGAI-Sebanyak 2.000 ekor domba akan diqurbankan pada Hari raya Idul Adha 1442 H di Serdang Bedagai dan Tebingtinggi oleh Mahir Farm Nusantara.

Hal itu diungkapkan Regional Manager Mahir Farm Ryo Juara saat bersilaturrahmi dengan Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya di ruang kerjanya, Rabu (14/7/2021).

Ryo mengungkapkan, 2.000 ekor domba ini akan disebar disejumlah Kecamatan dan Desa di Kabupaten Serdang Bedagai dan Tebingtinggi.

“Mahir Farm Nusantara merupakan perusahaan asal Bogor yang penjualannya melalui online. Tahun lalu, kami sudah qurbankan 5.000 ekor domba yang disebar di Medan, Sumatera Utara. Qurban ini dikumpulkan dari masyarakat yang ingin berqurban dan didistribusikan kepada seluruh masyarakat yang berhak menerima,” ungkapnya.

Turut mendampingi Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Umar Yusri Tambunan, Kabag Kesra Setdakab Raden Cici Sistiansyah dan CEO Raja Domba Awal.

Pada tahun ini, lanjut Ryo, pihaknya melibatkan beberapa instansi dan organisasi kepemudaan seperti, Dewan Masjid Indonesia dalam pendistribusian daging Qurban.

“Tahun ini kami melibatkan instansi terkait dan kami harapkan kehadiran pak Bupati menyaksikan pemotongan hewan qurban pada saat perayaan Hari Raya Idul Adha 20 Juli mendatang,”ujarnya.

CEO Raja Domba, Awal menambahkan, 2.000 ekor domba ini akan dibagi ke  dua wilayah yakni, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebingtinggi.

“Di Sergai akan kita sebar di beberapa desa diantaranya, Bajarongge, Pergulaan, Paya Pinang dan Desa Kutabayu. Selain domba juga ada 7 ekor sapi yang akan di qurbankan hasil pengumpulan dan sedekah qurban masyarakat,”jelasnya.

Bupati Darma Wijaya menyambut baik rencana pemotongan hewan qurban di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.

“Setiap tahun, Pemkab selalu memotong hewan qurban dan tahun ini juga disebar di setiap Kecamatan. Kami tentunya mengucapkan terimakasih kepada Habib Alwi yang sudah berkenan menyelenggarakan 2.000 ekor qurban domba di daerah kami. Selain berbagai kepada masyarakat kurang mampu, kegiatan ini diyakini juga mampu menggerakkan roda perekonomian khususnya bagi para peternak,”ungkap Darma Wijaya

Untuk pendistribusian daging, ia menyarankan agar panitia mengantar daging qurban langsung kepada rumah masyarakat untuk menghindari kerumunan ditengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Negeri ini.

“Pendistribusian hewan ternak di desa juga harus diperhatikan, jangan sampai menumpuk. Lebih baik disebar ke Daerah yang sedikit pengqurbannya jadi merata masyarakat yang menikmati hari raya Islam ini,”tambah Bupati.

Sementara itu Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan mengucapkan syukur dan terimakaihkan kepada penyelenggara.

“Kami ucapkan terimakasih, jadi warga kurang mampu bisa ikut sama-sama merasakan daging Qurban,”tandasnya. (MS6)

Tinggalkan Balasan