Pendidikan

Isa Indrawan Terpilih Jadi Ketua Aptisi Sumut

MEDAN-Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Dr. Muhammad Isa Indrawan, terpilih sebagai Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Wilayah 1 Sumatera Utara periode 2021-2025, pada Musyawarah Wilayah (Muswil) Musyawarah Wilayah VI Aptisi.Sumut, di Hotel Madani Medan, Jumat (12/11/2021).

Isa Indrawan terpilih sebagai Ketua Aptisi Wilayah I Sumut secara musyawarah dan mufakat karena merupakan calon tunggal. Isa menggantikan Dr Bahdin Nur Tanjung SE MM yang telah tiga periode menakhodai Aptisi Wilayah I Sumut.

Muswil diikuti seluruh pimpinan PTS dan Yayasan yang ada di jajaran Aptisi Wilayah I Sumut. Kegiatan diawali dialog interaktif sekaligus sharing session dari Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 1 Sumatera Utara Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dengan tema “Akselarasi, Kolaborasi Sukseskan Merdeka Belajar Kampus Merdeka” yang disampaikan langsung Ketua Umum Aptisi Pusat Dr. Ir. M. Budi Djatmiko,SK.M.Si., M.El.

Muswil Ke-6 ini berjalan dengan rasa kekeluargaan yang kental dari seluruh peserta. Setelah terpilih formatur, akhirnya berdasarkan musyawarah mufakat menetapkan Dr M Isa Indrawan SE MM  sebagai Ketua Aptisi Wilayah Sumut periode 2021-2025.

Dr Isa Indrawan SE MM yang juga Rektor Unpab Medan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta Muswil yang telah mempercayakannya memimpin Aptisi Wilayah Sumut periode 2021-2025.

“Saya akan berusaha, dan bekerja keras menjaga kepercayaan ini, dan bertanggung jawab demi kemajuan Aaptisi di Sumut. Tentu upaya saya ini tidak ada artinya jika hanya sendirian, saya membutuhkan bantuan, dukungan, dan kontribusi dari seluruh anggota Aptisi Wilayah Sumut agar program kerja, dan terobosan peningkatan kualitas pendidikan PTS di Sumut dapat terwujud secara optimal,” ujar Isa yang sebelumnya menjabat Sekretaris Aptisi.Wilayah Sumut.

Sementara itu, Ketua Umum Aptisi Pusat, Dr. Ir. Budi Djatmiko mengucapkan selamat bertugas kepada ketua Aptisi Wilayah Sumut terpilih dan jajaran formatur. Ia mengatakan, bahwa Aptisi Wilayah Sumut menghadapi banyak tantangan besar untuk memajukan sumber daya manusia (SDM) di Sumut.

“Ketua Aptisi Wilayah Sumut harus melakukan banyak gebrakan baru, termasuk bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk menciptakan generasi-generasi Sumut yang cerdas,” kata Budi.

Gebrakan tersebut, tambahnya, bisa dimulai dengan bekerjasama dan mendorong seluruh PTS di Sumut untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dosen, meningkatkan mutu akreditasi baik dalam pelaksanaan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Djatmiko juga mengharapkan, agar ada ketersambungan kepemimpinan Aptisi Sumut periode sebelumnya, yakni Dr Bahdin Nur Tanjung SE MM yang dinilainya luar biasa selama tiga periode memimpin.

Ia pun meminta seluruh perguruan tinggi swasta yang bernaung di bawah Aptisi Sumut saling dukung dan bersatu.

Sementara itu Kepala LLDikti Wilayah I Sumut Prof Ibnu Hajar mengatakan, PTS saat ini menghadapi berbagai tantangan untuk mencapai PTS unggul. Tantangan itu antara lain tren dunia kerja menjadi acuan dalam layanan pembelajaran untuk menyiapkan SDM unggul, profesional dan berkarakter.

“Hadirnya teknologi informasi dan digital juga menjadi tantangan SDM kita. Hal itu seiring dunia semakin bergerak dinamis dari segi ruang dan waktu atau borderless word,” katanya. (MS7)