Nasional Sumut

Kabupaten Batu Bara Ekspor Hasil Laut ke Malaysia

mediasumutku.com | BATUBARA – Kabupaten Batu Bara mulai mengeskpor hasil produksi laut Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ke Malaysia. Hal itu, ditandai dengan pengapalan di Pelabuhan Dermaga C Inalum, Kuala Tanjung Sei Suka Kabupaten Batu Bara, Jumat (4/6/2021).

Bupati Batu Bara, Zahir mengatakan, ekspor ini akan berdampak positif bagi masyarakat, khususnya pedagang dan UMKM. Apalagi, dimasa pandemi Covid-19 yang menuntut masa pemulihan ekonomi dengan cepat.

“Saya memilih Pelabuhan Inalum Dermaga C  untuk menghemat biaya ongkos. Juga karena tidak adanya mafia-mafia pelabuhan sehingga menjadi keuntungan sangat besar bagi masyarakat Batu Bara,” kata Zahir.

Diungkapkan Zazhir, dalam pengapalan perdana ini diawali dengan mengirim produk hasil laut. Kedepannya akan dikirim hasil bumi dan hasil produk UMKM khas Batu Bara.

Sebelumnya Dirut PT. Pelindo I diwakili Dirut PT. Prima Multi Terminal Rudi Susanto mengakui, akibat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung banyak perusahaan yang mulai menutup gerainya.

Namun, ia mengaku, kagum dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang masih banyak bertahan. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan besar yang terdampak kondisi ekonomi dunia.

“Kami Pelindo akan mendukung penuh program ini, karena para pelaku UMKM Batu Bara tidak mengirim barang melalui pelabuhan yang jauh sehingga ongkos logistik akan lebih murah dari kuala Tanjung,” ucapnya.

Kegiatan ini ditandai dengan pemberian kain songket dan tengkuluk khas kerajinan masyarakat Batu Bara kepada Bupati, Direktur Pelaksana Inalum dan Direktur  PT. Prima Multi Terminal. (MS10)

Tinggalkan Balasan