Sumut

KADIN Sumut Diharapkan Buka Peluang Usaha di Sergai

mediasumutku.com| SERGAI-Wakil Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya berharap, kehadiran Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sumatera Utara di Sergai dapat membuka peluang usaha. 

“Kehadiran Kadin Sumut kami harapkan dapat membuka peluang usaha dan saya ingin investor yang masuk di Kabupaten Serdang Bedagai diberikan perizinan yang terbaik, mempermudah perizinannya, jangan mempersulit sesuai peraturan yang berlaku demi kemajuan ekonomi masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai,”ucap Wabup Sergai, Darma Wijaya saat menerima audensi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Sumatera Utara di Ruang Rapat Wakil Bupati Serdang Bedagai di Sei Rampah, Senin ( 15/2/2020 ).

Turut mendampingi, Asisiten II , Kaharuddin dan Kepala OPD lainnya. Sedangkan dari Kadin Sumut, langsung dihadiri Ketua Umum KADIN Sumut Ivan Iskandar Batubara beserta jajaran.

Darma Wijaya mengatakan, reformasi pola pikir dimasa pandemi ini, semua pihak diharuskan untuk lebih memahami teknologi, terkhusus para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang saat ini merasakan dampak dari pembangunan jalan tol agar tetap dapat memasarkan dagangan melalui media sosial.

“Kabupaten Serdang Bedagai memiliki luas sawah sekitar 40.000 hektare dan sekitar 100.000 hektar perkebunan yang terdiri dari, perkebunan PTPN, swasta dan perkebunan rakyat yang seharusnya menjadi sangat potensial dalam membantu recovery keuangan di masa pandemi Covid-19. Ini saya harapkan bisa jadi peluang,”ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, Pemkab Sergai menginginkan objek wisata di Sergai menjadi wisatanya orang Sumut dengan pesisir pantai yang putih seperti, keindahan pulau Berhala.

“Dengan majunya pariwisata di kabupaten Serdang Bedagai maka akan membawa dampak baik bagi ekonomi kerakyatan Serdang Bedagai. Saya juga selalu berpesan kepada anak muda jangan hanya ingin menjadi pekerja namun harus bisa membuka lapangan kerja dan jangan pernah malu dengan pekerjaan kita dan jangan gengsi itu yang selalu sampaikan untuk memotivasi anak muda Agar kabupaten Serdang Bedagai menjadi kabupaten yang mandiri.”pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara menjelaskan, recovery untuk pemulihan ekonomi menjadi fokus Kadin Sumut.

“Untuk itu, kita ingin memberikan informasi tentang program vaksin mandiri yang di prakarsai oleh Kadin agar vaksin mandiri ini harus sesuai dengan Struktural dan bekerja sama dengan pemerintah. Semua ini kita lakukan untuk mempercepat recovery perekonomian di negara kita dan butuh kerjasama dengan segala elemen untuk melakukan hal ini,” kata Iva.

Dengan banyaknya Desa, Ivan berharap, dapat melakukan optimalisasi seperti lebih menghidupkan BUMDES dengan memanfaatkan dan melihat apa jenis usaha BUMDES yang diperlukan masyarakat.

“Saya juga berharap para kepala desa kita bisa mengikuti Strata Pendidikan minimal S1 mengingat mengikuti perkembangan zaman seyogyanya para kepala desa juga dapat mengenyam pendidikan yang baik guna kemajuan desanya. Kami juga berharap, pemerintah daerah dapat bekerjasama dengan para pengusaha khususnya di kabupaten Serdang Bedagai untuk sama-sama bangkit dari pandemi Covid-19, “ujarnya. (MS6)

Tinggalkan Balasan