Headline Sumut

Kedepankan Budaya Gotong Royong, Salah Satu Budaya Bangsa

Mediasumutku.com| Sergai- Budaya Gotong royong merupakan warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia yang sejak dulu sudah menjadi bagian dalam kehidupan bermasyarakat. Demikian disampaikan Ketua Umum Xtrime Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya saat melakukan kunjungan di Desa Pematang Terang Kecamatan Tanjung Beringin, Sabtu (09/08/2020)

Anak Kampung H Darma Wijaya, yang juga merupakan Wakil Bupati Serdang Bedagai sangat mengedepankan budaya Gotong-royong dalam setiap penyelesaian persoalan yang ada, sebab Gotong-royong adalah salah satu budaya bangsa yang membuat Indonesia, dipuji oleh bangsa bangsa lain karena budayanya yang unik dan penuh toleransi antar sesama manusia.

Selanjutnya, H Darma Wijaya menjelaskan bahwa budaya Gotong-royong merupakan salah satu faktor yang membuat Indonesia bisa bersatu dari sabang hingga Merauke, walaupun berbeda Agama, suku dan warna kulit. Dengan budaya Gotong-royong juga Indonesia dapat dikenal oleh Negara-negara tetangga sebagai Negara yang Santun, Rukun dalam Kebhinekaan.

Untuk itu, H Darma Wijaya menginginkan seluruh Masyarakat Indonesia khususnya Masyarakat Serdang Bedagai, untuk terus meningkatkan budaya Gotong-royong dalam setiap kegiatan yang ada di masyarakat. Kita mengetahui bahwa modernisasi dan globalisasi melahirkan corak kehidupan yang sangat kompleks, hal ini jangan sampai membuat bangsa Indonesia kehilangan kepribadiannya sebagai bangsa yang kaya akan unsur budaya.

“Sesungguhnya Budaya Gotong-royong merupakan kekuatan besar, budaya masyarakat yang perlu dikembangkan terus dinegeri ini”, ungkap Darma Wijaya.


Dalam kesempatan itu, Darma Wijaya menyampaikan apresiasinya kepada Masyarakat Desa Pematang Terang yang telah melestarikan Budaya Gotong-royong dalam setiap kegiatan kemasyarakatan dan dalam penyelesaian persoalan yang ada, ditengah-tengah masyarakat Serdang Bedagai.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Ketua I Xtrim Serdang Bedagai H Adlin Mukhtar Tambunan beserta seluruh anggota Rider Xtrim Serdang Bedagai.