Ekonomi

Kemendag Luncurkan Ajang Good Design Indonesia 2021

mediasumutku.com|MEDAN- Kementerian Perdagangan kembali meluncurkan ajang Good Desain Indonesia (GDI) 2021 secara virtual dari Kantor Kementerian Perdagangan di Jakarta, Rabu (7/10/2020).

Ajang yang merupakan kerja sama Kemendag dengan Japan Institute of Design Promotion (JDP) dan Japan External Trade Organization (JETRO) ini bertujuan untuk meningkatkan desain produk ekspor Indonesia.

“Kemendag terus berkomitmen dalam mendorong dan mendukung pelaku bisnis untuk dapat mengembangkan produknya. Salah satunya, melalui pengembangan desain atau kemasan produk di masa pandemi dan menggali peluang pasar ekspor,”kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Untuk itu, Kemendag mengajak, para pelaku usaha terus melakukan berbagai terobosan yang tidak biasa dan inovatif dalam meningkatkan ekonomi dan perdagangan di masa pandemi Covid-19.

“Saya mengapresiasi JDP dan JETRO atas kerja sama yang telah terjalin selama penyelenggaraan GDI 2020 ini dan ketiga GDI sebelumnya,”ujarnya.

Kolaborasi ini kata Agus, diharapkan akan meningkat kualitas dan nilai produk lokal Indonesia sehingga dapat diterima di pasar global.

“Diharapkan seluruh masyarakat, khususnya pelaku bisnis, produsen/eksportir, desainer, dan akademisi untuk menciptakan suatu produk ekspor yang bernilai dan berkualitas, serta mampu bersaing di GDI 2021,”ucapnya.

GDI 2021 merupakan suatu penguatan program sebagai wujud komitmen Kemendag dalam upaya mengembangkan produk ekspor melalui peningkatan desain dan kualitas produk ekspor. Ajang ini memberikan peluang usaha akses pasar bagi desainer dan eksportir Indonesia menuju pasar global.

Untuk itu, Mendag mengajak seluruh masyarakat, khususnya pelaku bisnis, produsen, eksportir, desainer dan akademisi, agar dapat mempersiapkan diri sejak tahun ini dan bekerja sama dalam menciptakan suatu produk ekspor yang bernilai dan berkualitas serta mampu bersaing di GDI 2021.

“Produk dan desain tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan ekspor dan ekonomi nasional serta bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” ujar Mendag.

Presiden Direktur JETRO Keishi Suzuki, yang turut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan, JETRO telah mendukung pengembangan GDI sejak 2017 dan akan terus menjalin kerja sama dengan Kemendag.

“Pengembangan desain merupakan salah satu aspek penting untuk meningkatkan ekspor Indonesia. Untuk itu, diharapkan GDI 2021 dapat terlaksana dan terus berkembang,” pungkasnya.(MS11)