Berita Sumut Headline Sumut

Kota Tanjungbalai Sebagai Juara Umum Lomba Jambore Dasawisma PKK se-Sumut 2021

MEDAN – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis menutup kegiatan Jambore Kader Dasawisma (PKK) se-Sumut 2021 di Hotel Emerald Garden, Jalan KL Yos Sudarso Medan, Kamis (4/11) malam. Dalam kegiatan itu, panitia mengumumkan para pemenang berbagai perlombaan sekaligus juara umum, dimana Tanjungbalai menjadi yang terbanyak ‘mengangkat piala’.

Sebelum menutup kegiatan, Nawal Lubis menyampaikan apresiasi dan rasa gembira melihat keceriaan serta semangat para peserta Jambore Kader Dasawisma dari kabupaten/kota, yang antusias mengikuti kegiatan perlombaan sejak awal hingga akhir. Bahkan sebelum berpidato, Ketua TP PKK memberikan kesempatan bagi para pemenang lomba untuk mengekspresikan kegembiraannya di tempat duduk masing-masing.

“Silakan yang masih mau meluapkan kegembiraan. Saya turut gembira melihat ibu-ibu senang, saya ikut senang. Ternyata kegiatan yang kami buat ini, mendapat sambutan hangat dari semua,” ujar Nawal Lubis didampingi Wakil Ketua I TP-PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah yang juga Ketua Panitia Jambore.

Kepada para pemenang lomba, Nawal mengucapkan selamat atas keberhasilan meraih juara. Sementara kepada yang belum mendapat juara, ia berpesan agar tidak berkecil hati, serta terus berusaha agar di masa mendatang memperoleh hasil yang lebih baik.

“Juga kepada Ketua Panitia dan jajarannya yang bekerja dengan sebaiknya, sehingga acara yang kita gelar kemarin, berjalan baik dan lancar. Semoga jalinan silaturahmi antara kita berjalan harmonis. Saya berharap apa yang didapat di sini, bisa dikembangkan di daerah masing-masing,” jelasnya.

Adapun para pemenang lomba pada Jambore Kader Dasawisma (PKK) 2021 yang diumumkan Sekretaris TP-PKK Riza Fahlevi di antaranya, Lomba Yel-Yel dan Tiktok dengan juara 1,2 dan 3 yakni Kabupaten Labuhanbatu, Labura dan Kota Tanjungbalai.

Untuk Lomba Pengisian Buku Dasawisma, diraih Kota Tanjungbalai, Kabupaten Langkat dan Sergai. Dilanjutkan untuk Lomba Bercerita, ada Kota Tanjungbalai, Kabupaten Tapanuli Selatan serta Humbanghasundutan sebagai juara 1,2 dan 3.

Berikutnya ada Lomba Bernyanyi, dimana Kabupaten Humbanghasundutan keluar sebagai juara pertama, disusul Sergai dan Samosir. Selanjutnya untuk Lomba Fashion Show ada Kabupaten Nias Utara sebagai juara 1, Kota Sibolga dan Padangsidimpuan di peringkat 2 dan 3.

Pada Lomba Penyuluhan, Kota Tanjungbalai menjadi juara pertama, dan Kabupaten Asahan menempati posisi 2, disusul Tapanuli Tengah di peringkat 3. Selain juara 1,2 dan 3, panitia juga mengumumkan juara harapan dari semua jenis lomba.

Dari pengumuman itu, Kota Tanjungbalai menjadi yang terbanyak ‘mengangkat piala’, yang kemudian ditetapkan sebagai Juara Umum dalam ajang perlombaan di kegiatan Jambore Kader Dasawisma (PKK) 2021 yang bertema Kader Cerdik, PKK Gemilang.

Usai acara pengumuman pemenang perlombaan sekaligus penutupan oleh Ketua TP-PKK Sumut, dilanjutkan dengan kegiatan ramah-tamah, yang dimeriahkan dengan aksi para peserta unjuk kebolehan bernyanyi di hadapan Nawal Lubis dan Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah.

Selain itu, Kader Dasawisma asal Kota Tanjungbalai yang meraih Juara Umum mengaku sangat bergembira dan tidak menyangka bisa sampai membawa pulang Piala Bergilir ke daerahnya. Hal itu disampaikan Irma Suryani selaku pendamping, sekaligus Sekretaris TP-PKK Kota Tanjungbalai.

“Usaha memang tidak membohongi hasil. Sejak awal diumumkan ada kegiatan ini, kami langsung berlatih setiap hari secara maksimal. Sampai di sini (Medan) juga kita latihan dengan ruangan sempit, dimanfaatkan untuk terus berlatih,” kata Irma.

Irma yang mendampingi para peserta yakni Irmayanti Sirait, Maria Ulfa Panjaitan, Yuni Sartika, Yenti Kosasih, Afnida Marpaung dan Ramada Hartati Sipahutar, mengaku mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Tanjungbalai, termasuk fasilitas mereka selama mengikuti acara.

“Kepada Ibu Gubernur, sekalu Ketua TP-PKK Sumut dan Ibu Wakil Gubernur, kami ucapkan terimakasih karena telah memberikan dorongan bagi kami untuk terus berkarya dan lebih semangat menjalankan program PKK di kabupaten/kota,” sebut Irma.