Ekonomi

Kuartal Keempat, Ekonomi Sumut Berpeluang Tumbuh Positif

mediasumutku.com| MEDAN-  Realisasi pertumbuhan ekonomi Sumut di kuartal ketigalebih buruk dari ekspektasi sebelumnya. Namun, kemungkinan pertumbuhan ekonomi Sumut pada kuartal keempat berpeluang tumbuh positif.

“Hingga saat ini Sumut masih terlihat kesulitan untuk tumbuh di atas 0%. Terlebih motor penggerak ekonomi Sumut dibandingkan dengan wilayah lain terbilang lebih sedikit. Sejauh ini pertumbuhan ekonomi nasional yang terpuruk cukup dalam memang tidak membuat ekonomi Sumut terpuruk dengan angka yang sama,” kata Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin, Senin (16/11/2020).

Hanya saja, kata dia, di kuartal ketiga Sumut tidak mengalami pembalikan arah yang signifikan. Padahal, Sumut tidak memberlakukan PSBB secara ketat dibandingkan dengan wilayah lainnya.

“Saya menilai motor penggerak ekonomi Sumut di kuartal ketiga cenderung stagnan. Meskipun harga komoditas CPO di masa covid 19 ini justru mengalami kenaikan yang tajam,” katanya.

Walau demikian lanjutnya, peluang Sumut untuk tumbuh positif di kuartal keempat memang bisa saja tercipta. Tetapi tetap menggaris bawahi bahwa Sumut bisa saja tetap negatif perumbuhan ekonominya di kuartal keempat ini.

“Saya melihat SUMUT memang berpeluang membaik dalam rentang 0.3% hingga minus 0.6%. tetapi lagi-lagi saya garis bawahi, hitungan ini akan berubah nantinya di bulan desember,” ujarnya.

Sumut perlu mendapatkan konfirmasi terkait belanja masyarakat di kuartal keempat.

“Meskipun saya berharap kita benar-benar bisa kelar dari tekanan resesi di kuartal ini,”pungkasnya. (MS11)

Tinggalkan Balasan