Ekonomi

Kurs Rupiah Tersungkur Lagi ke Rp14.043/U$D

mediasumutku.com | JAKARTA – Di awal perdagangan Rabu (30/10). Pada pukul 10.13 WIB nilai tukar rupiah melemah lagi.  kurs rupiah spot melemah 0,06% ke Rp 14.043 per dolar Amerika Serikat (AS). Sedangkan kurs rupiah di JISDOR juga melemah 0,11% di level Rp 14.044 per dolar AS.

Meski melemah, kurs rupiah hari ini masih lebih baik daripada rata-rata kurs sepanjang Oktober yang berada di Rp 14.120 per dolar AS. “Aset berisiko terus mendaki melewati kekhawatiran negosiasi perdagangan AS dan China yang mengarah positif,” ungkap Morgan Stanley dalam catatan yang dikutip Bloomberg.

Pelemahan kurs rupiah yang terjadi hari ini beriringan dengan mayoritas mata uang Asia. Pelemahan terbesar mata uang Asia terjadi pada won. Selain itu, pelemahan terjadi pada dolar Singapura, ringgit, dolar Hong Kong, dan peso.

Yuan offshore menguat tipis pada pagi ini. Penguatan pun tampak pada mata uang baht, dolar Taiwan, dan yen.

Sementara itu, indeks dolar masih tertekan jika dibandingkan dengan awal bulan. Indeks yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia ini berada di 96,69, cenderung flat dari posisi penutupan perdagangan kemarin.