Kesehatan Medan Nasional

Lagi, Seorang Dokter Meninggal Karena Terpapar Covid 19

mediasumutku.com l MEDAN –Satu lagi dokter di Medan meninggal dunia karena terpapar Covid 19, Rabu (12/8/2020). Adalah, seorang dokter bernama Dennis berusia 32 tahun. Ia dinyatakan positif karena terinfeksi virus corona dan sempat mendapat perawatan di RS Siloam Medan.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Medan, dr Wijaya Juwarna saat dikonfirmasi membenarkan. Dia mengatakan, almarhum telah dimakamkan sesuai penanganan Covid-19.

“Benar, anggota kita kembali gugur, saya dapat kabar itu tadi malam sekitar pukul 20.00 wib,” kata Wijaya Juwarna, Kamis (13/8).

Wijaya mengaku, prihatin sebab usia almarhum masih sangat muda. Dokter Dennis diduga terinfeksi virus corona dari orang terkonfirmasi tanpa gejala. Dengan begitu, hingga saat ini sudah tujuh dokter anggota IDI Kota Medan yang wafat akibat terpapar Covid-19.

“Di antaranya tujuh dokter di Medan yang meninggal karena covid-19, dr Dennis paling muda. Saya nggak tau pasti dirawat sudah berapa lama,” jelasnya.

Wijaya menambahkan, salah satu rekan seprofesi dari Dokter Dennis juga tengah dirawat di Ruang ICU RS Siloam Medan karena terpapar Covid-19. Dokter Dennis dan temannya itu selama ini bekerja di salah satu klinik di Kota Medan dan tidak langsung menjalin kontak dengan pasien Covid-19.

“Temannya juga tengah dirawat di ICU. Dokter Dennis dan temannya itu memang bekerja di klinik tersebut. Klinik itu biasa, tapi sekarang inikan orang tanpa gejala pun banyak, jadi kita tidak bisa prediksi tertularnya dari mana,” urainya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari GTPP Covid-19 Sumut, per tanggal 12 Agustus 2020, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumut yang tengah diisolasi sudah tembus 5.264 orang. Kemudian suspek tercatat 550 orang, pasien covid-19 yang meninggal 232 orang, dan sembuh 2.188 orang. (MS8)