Politik Sumut

Maju Jadi Balon Wabup, Sekda Asahan Pensiun Jadi ASN Bulan Depan

Mediasumutku.com | Asahan – Taufik Zainal Abidin yang saat ini menjabat sebagai sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Asahan berniat maju berpasangan dengan H Surya yang masih aktif sebagai Bupati dalam kontestasi Politik Pilkada serentak 2020. Olehkarena itu, statusnya sebagai aparatur sipil Negara (ASN) akan digugurkan (pensiun) sebagai salah satu syarat pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) nanti.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Asahan, Rahmad Hidayat Siregar, kepada wartawan, Rabu (5/8/2020). Dikatakan Rahmad,berkas pengunduran diri Taufiq Zainal sebagai ASN telah disampaikan ke badan kepegawaian dan terhitung bulan September mendatang Taufik akan pensiun.

“Beliau mengajukan pensiun dini. Karena akan maju di Pilkada nanti. Mulai bulan depan pensiunnya,” kata Rahmat.

Pernyataan itupun lanjut Rahmad, sebelumnya telah disampaikan Taufik saat memimpin apel bersama para PNS di halaman kantor Bupati Asahan.

“Saya pamit, karena pertanggal 1 September 2020 nanti, saya secara resmi akan pensiun dari ASN. Saya ucapkan terima kasih atas bantuan, dukungan dari seluruh rekan-rekan ASN, sejak saya mulai berkarier dari tingkat kecamatan sampai sekarang,” kata Taufik.

Untuk diketahui, saat ini sudah enam partai yang memberikan rekomendasi untuk mengusung pasangan Surya – Taufik di Pilkada Asahan dengan total dukungan 24 kursi. Diantaranya, Partai Demokrat, PAN, Partai Golkar, PPP, PKPI dan Perindo.

Dengan jumlah kursi yang didapat tersebut, pasangan ini dipastikan akan melenggang pada proses pendaftaran di KPU Asahan dari syarat jumlah minimal dukungan 9 kursi dari 45 kursi di DPRD Asahan. (MS10)