Medan

Masjid Menjadi Pusat Tumbuhnya Ekonomi Untuk Membantu Masyarakat Sekitar

MEDAN-Di zaman Rasulullah, masjid  menjadi pusat dari segala aktifitas. Selain menjadi tempat  ibadah, masjid juga menjadi pusat menimba ilmu, musyawarah dan mufakat, pusat ekonomi maupun masih banyak kegiatan lainnya. Belajar dari  hal tersebut, Pemerintah Kota Medan dalam mewujudkan visi  misi Walikota dan Wakil Walikota menuju Medan berkah membuat program Masjid Mandiri.

“Kami ingin masjid menjadi tempat ibadah dan juga tumbuhnya ekonomi untuk dapat membantu masyarakat di sekitar masjid,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, M Sofyan ketika melaksanakan Safari Jumat di Masjid Al Ikhlas Jalan Madio Santoso, Kelurahan Pulo Brayan Darat, Kecamatan Medan Timur, Jumat (4/2/2022).

Sebelum Safari Jumat dilakukan, Sofyan bersama Kadis Perdagangan Kota Medan Damikrot, Kadis Sosial Khoiruddin Rangkuti, Kadis Ketahanan Pangan Emilia Lubis, Kadis Kesehatan Taufik Ririansyah, Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Endar Sutan Lubis, Kepala Kesbanglinmas Arjuna Sembiring dan Kadis Koperasi & UMKM Benny Iskandar Nasution lebih dahulu melaksanakan Shalat Jumat berjamaah

Diungkapkan Sofyan, Safari Jumat merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Walikota. Selain Safari Jumat, jelasnya, orang nomor satu di Pemko Medan juga rutin melaksanakan Shalat Subuh. Selain membangun tali silaturahmi, juga sebagai upaya untuk mendekatkan diri sekaligus menyerap langsung aspirasi masyarakat.

“Melalui Safari Jumat, kamis mengajak seluruh masyarakat Muslim di Kelurahan Pulo Brayan Darat I dan masyarakat Kota Medan pada umumnya untuk bersama-sama meningkatkan ibadah di rumah Allah ini. Selain meningkatkan ibadah, juga sebagai sarana bersialturahmi, tempat bermusyawarah dan juga sebagai peningkatan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM di sekitar Masjid Al Ikhlas,” ungkapnya.

Dalam Safari Jumat tersebut, mantan Kasatpol PP Kota Medan itu selanjutnya menyerahkan akte notaris koperasi Masjid Al Ikhlas sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan Masjid Mandiri. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan koperasi sekaligus penyerahan dua unit steling  untuk mendukung pelaku UMKM di sekitar masjid.(MS7)