Berita Sumut Ekonomi Headline Kesehatan Medan Sumut

Menko Airlangga Kunjungi Vaksinasi di Sekolah Sutomo 1 Medan

MEDAN– Gubernur Sumatara Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengapresiasi kehadiran Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto pada kunjungan kerja ke sejumlah tempat di Kota Medan dalam rangka peninjauan vaksinasi, sekaligus memberikan bantuan kepada pelaku usaha kecil masyarakat (UKM) di tengah pandemi Covid-19, Kamis (9/9).

Menurut Gubernur, perhatian Pemerintah Pusat dalam hal mempercepat proses penanganan Covid-19 dapat dilihat dengan aktifnya berbagai pihak pemangku kepentingan melakukan vaksinasi kepada masyarakat dari berbagai kalangan. Mulai dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) sendiri, pemerintah kabupaten/kota, TNI/Polri serta kelompok masyarakat lainnya.

“Ya kita terima kasih, karena memang semua pihak harus saling mendukung dan membantu dalam menangani pandemi Covid-19 ini, termasuk dengan gerakan vaksinasi. Apalagi untuk usia sekolah dan para tenaga pengajar kita,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Aris Yudhariansyah.

Hadir di Sekolah Sutomo 1, Jalan Letkol Martinus, Pusat Pasar Medan bersama rombongan, Menko Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa target vaksinasi di tempat tersebut sebanyak 1.200 vial dengan mengandalkan 6 tim vaksinator dari TNI AD dan AL, untuk menyuntikkan sinovac kepada masyarakat penerima.

“Kami tadi diskusi dengan adik-adik pelajar, mereka minta sekolah tatap muka segera dibuka. Jadi mereka yang bersekolah, agar sudah tervaksinasi, baik guru dan murid di atas 12 tahun,” kata Airlangga, yang hadir bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Adapun target vaksinasi di Sumut, lanjut Airlangga, adalah sebesar 32% sebagaimana angka rata-rata nasional. Sehingga membutuhkan usaha kerja keras bersama seluruh pemangku kepentingan, dimana seluruh vaksin yang sudah datang mendekati angka 70 juta pada Agustus, dan ditargetkan pada September sebanyak 72 juta, serta angka yang sama pada Oktober mendatang.

“Ini langkah yang kita upayakan bersama, sebagaimana perintah Bapak Presiden. Maka hari ini kita lihat di lapangan. Untuk jumlah vaksin akan terus kita tingkatkan,” sebut Airlangga.

Selain meninjau vaksinasi, Airlangga bersama rombongan juga memberikan bantuan langung tunai (BLT) kepada para pedagang kaki lima (PKL) dan pemilik warung yang berjualan di sekitar Sekolah Sutomo 1 Medan. Adapun jumlah UKM penerima bantuan sebanyak 1 juta UKM, diberikan melalui TNI dan Polri, sebesar Rp1,2 Juta/UKM.

Turut mendampingi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Anggota DPR RI Muetya Hafid, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko dan pejabat lainnya.

Tinggalkan Balasan