Kesehatan Sumut

Minimalisir Penyebaran Covid-19, Pemprovsu Canangkan Gerakan Masker

Mediasumutku.com|MEDAN- Untuk meminimalisir penyebaran Covid 19, pemerintah provinsi Sumut melalui TP PKK Sumut mengajak masyarakat untuk wajib dan disiplin menggunakan masker sebagai adaptasi kebiasaan baru melalui pembagian masker dan sosialiasasi disiplin protokol kesehatan di Kecamatan Medan Selayang, Senin (10/8)
Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Edy Rahmayadi di sela-sela pembagian masker mengatakan, bahwa pembagian masker ini telah dilakukan beberapa kali semenjak Covid-19 menerpa Kota Medan. Hanya saja, tambah Nawal masyarakatnya yang tidak peduli dan patuh bahkan cuek dengan keadaan saat ini.
“Sekarang masalahnya ada pada rakyatnya, rakyat yang masih bandel tidak mau pakai masker. Maka dari itu saya berharap dengan adanya Camat, Lurah dan yang paling penting PKK dapat mengajak masyarakatnya untuk mau menggunakan masker. Karena ibu-ibu biasanya cerewet jadi gunakan kecerewetan tersebut untuk membantu pemerintah dalam menegur warga yang bandel untuk mau menggunakan masker,” katanya.
Kepala Dinas P3APM Kota Medan Khairunnisa Mozasa mengapresiasi, atas terselenggaranya kegiatan Sosialisasi dan Pencanangan Gerakan Masker Sumut khususnya di Kota Medan.
“Kami atas nama Pemko Medan mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumut atas bentuk kepedulian kepada masyarakat Kota Medan untuk bersama-sama mengajak seluruh masyarakat disiplin menggunakan masker untuk meminimalisir penularan Covid-19 di Sumut khususnya di Kota Medan,” ujarnya.
Sementara itu, Camat Medan Selayang Sutan Tolang Lubis mengungkapkan, Kecamatan Medan selayang telah melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kecamatan Medan Selayang diantaranya melakukan sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru dengan mendatangi tempat-tempat umum dan juga melakukan razia masker di seputaran Kecamatan Medan Selayang.
Selain itu, Kecamatan Medan Selayang juga telah melakukan penyemprotan desinfektan dari bulan Maret lalu hingga saat ini, ada sekitar 100 rumah per harinya yang disemprot disinfektan.
“Kami masih terus melakukan upaya untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kecamatan Medan Selayang seperti, melakukan sosialisasi, kepada masyarakat mendatangi tempat keramaian untuk melakukan razia masker di tempat keramaian yang bersifat imbauan, pada saat warga kedapatan tidak pakai masker saat razia, warga tersebut diberikan hukuman ringan ditempat. Selain itu kami juga melakukan sosialisasi melalui kelompok masyarakat terus dilakukan dan digalakkan, butuh kerjasama dari semua pihak baik puskesmas, koramil, dan polsek dalam mencegah penularan Covid-19,” ungkapnya.(MS11)