Headline Religi Sumut

MUI Tanjungbalai Gelar Pelatihan Bilal Mayit bagi Organisasi Serikat Kemalangan

mediasumutku.com | Tanjungbalai – Kewajiban umat Islam memiliki kemampuan mengurusi jenazah atau bilal mayit. Karena itu, dibutuhkan wawasan dan pengetahuan secara utuh.

Hal tersebut menjadi program dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Tanjungbalai dalam menggelar pelatihan dan pembinaan bilal mayit bagi organisasi serikat kemalangan yang acaranya dihadiri langsung oleh Plt Wali Kota Tanjungbalai, Waris Thalib, Sabtu (7/8/2021).

Plt Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib saat membuka acara tersebut mengatakan, pekerjaan sebagai bilal mayit merupakan tugas mulia yang tidak mampu dilakukan sembarang orang sehingga dituntut untuk menguasai pengetahuan dan ilmu agama tentang pelaksanaan fardhu kifayah.

“Untuk itu, seluruh peserta diharapkan benar-benar mengikuti pelatihan dan pembinaan ini, sebab melaksanakan fardu kifayah terhadap jenazah menjadi kewajiban bagi setiap ummat Islam yang dapat diwakili oleh seorang bilal mayit,” ungkapnya.

Beliau juga berharap nantinya usai melaksanakan kegiatan pelatihan ini, para bilal mayyit dapat menerapkan ilmu yang diperoleh ditempat tinggal masing masing.

Pembinaan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh DP MUI Tanjungbalai Utara tersebut menghadirkan instruktur atau narasumber berpengalaman.

“Diharapkan peserta kedepannya bisa lebih terampil dan benar dalam melaksanakan fardu kifayah,” pungkas Plt Wali Kota H.Waris Thalib.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua MUI Tanjungbalai H. Hajarul Aswad, mewakili Kemenag Tanjungbalai serta para peserta pelatihan. (MS10)