Pendidikan

Muryanto Amin Akan Perbanyak Praktisi Mengajar di USU

mediasumutku.com|MEDAN-Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) terpilih PERIODE 2021-2026, Muryanto Amin, berjanji akan mengimplementasikan konsep Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar dengan memperbanyak para praktisi untuk menjadi dosen di lingkungan USU.

“Para praktisi itu diharapkan masuk ke kampus USU untuk mengajarkan the best experience nya kepada para mahasiswa,” kata Muryanto Amin saat dihubungi seusai pemilihan di Jakarta Kamis (3/12/2020).

Muryanto mengatakan, konsep merdeka belajar akan dikonstruksi lagi secara terus menerus, seperti mendisain kurikulum dan merubah pola pikir dosen dan mahasiswa akan pelaksanaan merdeka belajar dapat dipahami secara lebih utuh.

“Dosen bukan lagi menjadi sumber kebenaran satu-satunya di ruang kelas. Mahasiswa dapat diberikan keleluasaannya untuk menunjukkan dan meningkatkan passion mereka. Misalnya, mahasiswa itu hobinya dan kemampuannya apa, lalu dikapitalisasikan agar dapat bermanfaat dalam dunia industri,” kata Dekan FISIP USU ini.

Yang dimaksud industri di sini, kata Muryanto, bukan hanya perusahaan saja, akan tetapi semua aspek yang dapat menghasilkan kesejahteraan bagi semua manusia.

Selain menerapkan konsep merdeka belajar, Muryanto berjanji akan melakukan digitalisasi dan interprise, dengan cara membuat branding USU dengan membuat produk-produk unggulan agar USU menjadi lebih baik.

Sebagaimana diketahui, Dr. Muryanto Amin meraih suara terbanyak dalam pemilihan Rektor Universitas Sumatera Utara Periode 2021-2026 yang dilakukan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) USU dan berlangsung di Kantor Kementerian Pendidikan (Gedung Pendidikan Tinggi) di Jakarta, Kamis (03/12/2020) kemarin.

Dengan hasil itu, Muryanto dipastikan akan memimpin USU pada periode lima tahun mendatang menggantikan Prof. Runtung Sitepu.

Hadir pada kesempatan tersebut Direktorat Jenderal Dikti Prof. Muhammad Nizam yang bertindak mewakili menteri. Selain itu, hadir pula Sekretaris Daerah Sumatera Utara Sabrina yang mewakili Gubernur Sumatera Utara (selaku anggota MWA ex officio), serta seluruh anggota MWA lainnya.

Menurut rencana, pelantikan Muryanto Amin sebagai Rektor USU akan dilakukan bulan Januari 2021 mendatang. “Pokoknya bulan Januaari 2021,” ujar Humas USU Elvi Sumanti. (MS7/foto:ist)