Berita Sumut Headline Sumut

Nawal Serahkan Penghargaan Pelaksana Terbaik PTP2W-KSS 2021

MEDAN – Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sumatera Utara (Sumut), Nawal Lubis menyerahkan penghargaan pelaksana terbaik Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PTP2W-KSS) tahun 2021, tingkat provinsi, di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Jumat (17/12).

Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas PMD Sumut Hendra Dermawan Siregar, Ketua TP PKK Tapsel Rosalina Dolly P Pasaribu, Wakil Ketua TP-PKK Binjai Winda Widya Rizky Yunanda dan Wakil Ketua TP-PKK Tapanuli Utara Marsaulina Sarlandy Hutabarat, serta sejumlah pejabat terkait dari kabupaten/kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan penerima penghargaan PTP2W-KSS 2021.

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Sumut Nawal Lubis menyampaikan bahwa penghargaan pelaksana terbaik kategori PTP2W-KSS 2021 merupakan wujud dari kemampuan dalam mempertahankan kinerja serta berbagai keunggulan yang dimiliki para peserta lomba. Juga hasil kerja sama yang baik dari seluruh jenjang dan pihak terkait dalam memadukan rencana dan menyinergikan program, guna membangun peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera.

“Program istimewa ini (PTP2W-KSS) memiliki ciri khas yang sangat unik, yaitu tentang Rawan Kesehatan, Rawan Ekonomi dan Rawan Pendidikan, yang merupakan dilema dalam era pembangunan dan masih harus kita tuntaskan bersama,” jelas Nawal.

Kondisi geografis Sumut saat ini, kata Nawal, sudah terbuka akses dan informasinya, terutama di kawasan yang jauh dari pusat kota atau keramaian. Dengan kata lain, program pemerintah yang mengarah kepada perbaikan, terus diupayakan mengatasi masalah di daerah terpencil. Dengan memahami karakter desa/kelurahannya.

“Daerah dituntut untuk mampu bekerja sama secara terpadu dalam memberikan berbagai bantuan dan fasilitas terkait bidang kesehatan, ekonoi dan pendidikan dalam mengubah dan memperbaiki derajat keluarga melalui kaum perempuan, serta perbaikan infrastruktur, layanan air bersih, listrik, jalan, rumah ibadah dan lainnya yang mungkin tidak ada sebelumnya,” lanjut Nawal.

Melalui penghargaan tersebut, Nawal mengharapkan langkah pemerintah desa/kelurahan bersama para kader TP-PKK menelusuri lokasi jalan setapak, berbukit dan medan yang sulit lainnya demi menemui para keluarga harapan sebagai warga binaan, sehingga dapat mendorong tercapainya tujuan besar menuju keluarga sehat dan sejahtera.

“Perubahan yang besar (kemajuan) adalah tolok ukur dalam menilai tingkat keberhasilan yang harus dicapai. Dan kita hadir di tempat ini, dalam rangka penghargan kepada pelaksana PTP2W-KSS terbaik di tahun ini. Mari jadikan momentum ini untuk meneruskan semangat membangun dan menjadikan kaum perempuan sebagai penggerak dan pelopor demi keluarga sehat dan sejahtera. Dan jangan berhenti pada batas ketegori PTP2W-KSS semata, namun juga yang lain bersama TP-PKK,” pungkas Nawal.

Sementara Kepala Dinas PMD Sumut Hendra Dermawan Siregar menyampaikan harapan agar perlombaan dimaksud dapat dirasakan manfaatnya di tengah masyarakat. Sehingga penghargaan tidak sekadar menerima plakat atau piagam, namun bagaimana program pemberdayaan terus dilakukan secara berkelanjutan dan bekesinambungan.

“Agar masyarakat mampu membangun diri dan lingkungannya secara mandiri melalui gerakan kader-kader PKK dan kelompok binaan PTP2W-KSS. Sebab tujuan utamanya adalah menyejahterakan masyarakat, melalui kesehatan, pendidikan serta perekonomian,” jelasnya.

Adapun para pemenang lomba desa/kelurahan terbaik pelaksana PTP2W-KSS 2021, yakni Desa Sisundung, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Desa Sukajaya, Kecamatan Tanjungtiram Kabupaten Batubara, Desa Bukum Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deliserdang sebagai Juara 1,2 dan 3.

Disusul Desa Sungai Sekat, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhabatu, Desa Simardangian Kecamatan Pahae Julu, Kabupaten Tapanuli Utara dan Desa Nabonggal Kecamatan Padangbolak Kabupaten Padanglawas Utara, sebgai juara harapan 1,2 dan 3.

Sedangkan untuk kategori Kota, ada Keluarahan Payapasir, Kecamatan Medan Marelan Kota Medan, Kelurahan Tambangan Kecamatan Padang Hilir Kota Tebingtinggi serta Kelurahan Bakti Karya, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai sebagai juara 1,2 dan 3, dimana penyerahan penghargaan disampaikan langsung oleh Ketua TP-PKK Sumut.*