Peristiwa

Nelayan Temukan Mortir Diduga Sisa Perang Dunia

mediasumutku.com | ASAHAN – Sebuah mortir, diangkat dari dasar laut yang ditemukan oleh dua orang nelayan di perairan dermaga anggar, Kota Sibolga.  Informasi diperoleh, moritir ini ditemukan warga di kedalaman 150 meter dari dasar laut, sekitar pukul 19.00 Wib, pada Jumat (5/2/2021). Mortir tersebut diduga merupakan peninggalan perang dunia (PD).

Dua nelayan yang menemukan mortir tersebut yakni, Iwan Suandi Gea dan Khairul Anwar. Mereka merupakan pencari terumbu karang dan ikan hias melakukan penyelaman hingga di kedalaman 150 meter.

Ketika asik menyelam, Iwan Suandi Gea menemukan benda yang beratnya beda dari biasa.Penasaran, ia kemudian mengangkat benda tersebut dan meminta mengajak Khairul Anwar untuk bersama-sama mengangkat benda tersebut yang diperkirakan seberat 20 Kg itu ke daratan.

Karena semakin penasaran kedua pemuda ini membersihkan benda yang sudah diselimuti lumpur. Tak dinyata, ternyata benda yang membuat keduanya penasaran diduga merupakan sebuah mortir peninggalan perang dunia (PD).

Kasubag Humbas Polres Kota Sibolga IPTU R Sormin mengatakan, kepolisian yang menerima laporan warga malam itu juga turun ke lokasi. Kasat Intelkam, Kasubag Binops beserta Bhabinkamtibmas langsung menseterilkan areal mortir yang sudah di atas perairan.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, petugas dengan hati-hati mengevakuasi mortir menunggu tim Jihandak Brimobdasu turun ke lokasi. (MS10)